Scroll to Top

Tips Agar Kondisi Darah Dalam Tubuh Tetap Sehat

By C Novita / Published on Tuesday, 20 Oct 2015

donor darah

Salah satu komponen penting dalam tubuh manusia adalah darah. Jika tubuh kurang dalam jumlah atau kualitas darah buruk, maka fungsinya pasti tidak akan berjalan dengan baik.

Menjaga kualitas dan kesehatan darah bisa dilakukan dengan cukup konsumsi zat besi, sehingga kadar hemoglobin tetap normal. Idealnya, per hari kita mengonsumsi 8-10 ml zat besi. Namun untuk wanita usia subur yang masih mengalami menstruasi, disarankan mengonsumsi 20 ml per hari agar tidak mengalami anemia.

Selain zat besi, vitamin C juga disarankan banyak dimakan sebab ia membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Selain itu, agar kondisi darah tetap sehat dan cukup, maka disarankan Anda juga melakukan beberapa hal di bawah ini, seperti dikutip dari laman Boldsky:

Asam folat

Konsumsi makanan dengan kandungan asam folat juga penting untuk darah. Zat itu bisa didapat dari bayam, kangkung, sereal serta kacang polong.

Vitamin B12

Sumber makanan dengan kandungan vitamin B12 baik sekali untuk produksi sel darah. Anda bisa menemukannya di telur, hati, susu, dan juga ikan.

Sayur hijau

Sayur dengan daun berwarna hijau sangat sehat dan mengandung aneka macam mineral dan vitamin seperti zat besi, vitamin B, C, serta lainnya yang baik untuk kesehatan darah. Misalnya bayam, kangkung, sawi, dan lain-lain.

Selain itu, minum air putih dan istirahat cukup juga dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah yang baru agar kondisi tubuh Anda kembali fit dan segar. Apalagi bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi dan kehilangan banyak darah.

Komentar Anda