Scroll to Top

Lee Dixon: Fabregas Tak Pantas Jadi Kapten Arsenal

By Wan Faizal / Published on Friday, 17 Jun 2011

Salah satu legenda Arsenal, Lee Dixon, menilai bahwa Cesc Fabregas bukan kapten yang tepat bagi The Gunners. Lebih lanjut, Dixon mengatakan Fabregas tidak bisa mengangkat semangat juang rekan-rekannya saat tim tengah terpuruk atau berada dalam tekanan.

Musim 2008 lalu, secara mengejutkan Arsene Wenger menunjuk Fabregas sebagai kapten tim untuk menggantikan posisi William Gallas. Namun dalam pandangan Dixon, ada maksud lain dari Wenger ketika menunjuk Fabregas menjadi kapten tim.

“Saya kira ban kapten diberikan pada Fabregas karena ada alasan lain, yakni agar ia bisa bertahan lebih lama disini karena mengemban tanggung jawab sebagai kapten tim. Alasan tersebut tidak bisa dibenarkan. Saya tidak berpikir Fabregas seorang kapten yang baik. Mungkin ini adalah musim panas terakhirnya di London,” jelas Dixon.

“Bagi saya, kapten adalah pemimpin alami. Ketika situasi tidak berjalan baik bagi tim, seorang kapten harus bisa maju dan mengangkat semangat pemain-pemain lain. Saya tidak melihat Fabregas melakukan hal itu.”

“Dia sendiri mengatakan hal ini sangat sulit. Jika rekannya bermain buruk, harusnya ia menghampiri dan berkata ‘Ayolah, aku ada untukmu jika kamu memerlukanku’. Fabregas tidak bisa seperti ini. Bagi saya, dia adalah tipe kapten yang salah bagi Arsenal,” tutup eks pemain bernama lengkap Lee Michael Dixon itu.

Fabregas sendiri telah menyatakan bahwa ia ingin hengkang ke Barcelona, klub kampung halamannya. Ia sepertinya juga iri dengan kesuksesan teman-teman seangkatannya di La Masia seperti Gerard Pique dan Lionel Messi yang berkali-kali sudah mengangkat trofi bergengsi. Sedangkan selama menjadi kapten Arsenal, Fabregas belum mampu mempersembahkan satupun gelar juara bagi timnya.

Dixon adalah pemain Arsenal dari tahun 1988 hingga 2002. Selama memperkuat Arsenal, pemain berposisi bek kanan tersebut telah mempersembahkan berbagai gelar bagi Arsenal, diantaranya Premier League (1988-1989, 1990-1991, 1997-1998, 2001-2002), FA Cup (1993, 1998, 2002), League Cup (1992-1993), FA Community Shield (1991, 1998, 1999), dan Winners Cup (1993-1994).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda