Scroll to Top

Inilah Cara Bikin Mie Instan Bergizi dan Tanpa Zat Lilin

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 04 Dec 2011

Siapa yang belum pernah makan mie instan? Hampir sebagian orang, dari anak-anak hingga dewasa, pernah merasakan menu ini. Cara membuatnya mudah dan harganya pun tidak membuat tipis kantong. Selain itu, tersedia berbagai pilihan rasa yang menggugah selera.

mie instan

Namun, sebaiknya jangan sampai kecanduan dengan produk cepat saji ini. Karena, jika konsumsi melebihi batas kewajaran dan dilakukan rutin tiap hari, bisa mendatangkan efek tidak sehat bagi tubuh Anda.

Menurut rilis SuaraMerdeka CyberNews, ada satu bahan yang tidak disebutkan dalam produk kemasan, yaitu zat lilin. Zat ini membuat potongan mie tidak melekat satu sama lain saat dimasak. Efeknya buat tubuh, zat lilin bisa menghadang proses penyerapan makanan dan gizi pada usus. Usus pun menjadi iritasi karenanya.

Natrium karbonat yang terkandung di mie instan berkisar 30-40 persen yang dapat meningkatkan tekanan darah. Maka, penderita jantung dan kolesterol tinggi sebaiknya menghindari makan mie instan.

Nah, ada tips yang bisa digunakan untuk menghilangkan — atau setidaknya mengurangi — zat lilin dan membuat mie instan Anda lebih bergizi.

  • Saat memasak mie instan — baik mie goreng atau kuah — tiriskan dulu mie yang sudah Anda rebus. Buang air bekas merebus karena zat lilin banyak terlepas di air itu. Untuk mie rebus, pakai air panas baru untuk digunakan sebagai kuah yang dicampurkan dengan bumbu. Sedangkan pada mie goreng, mie yang telah ditiriskan dicuci dengan air matang dulu, baru dicampurkan dengan bumbu. Setelah itu mie bisa disantap.
  • Kalau Anda bisa berkreasi soal rasa, ganti bumbu bawaan dari mie instan dengan bumbu racikan Anda sendiri. Mungkin Anda bisa memadukan antara bawang putih, merica, kemiri, garam, dan minyak sayur. Atau, batasi penggunaan bumbu bawaan semaksimal mungkin.
  • Mie instan itu kurang gizi. Untuk mendapatkan nilai gizi maksimal, tambahkan pelengkap seperti sayuran, daging, telur, dan bahan lainnya. Selain menambah nikmat masakan, juga akan meninggikan kandungan gizi pada mie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda