Scroll to Top

RBT Terancam Mampet, Wali Ratapi Nasib

By Aditya / Published on Monday, 05 Dec 2011

Isu penghapusan layanan ring back tone (RBT) membuat sejumlah pihak kalang-kabut, terutama perusahaan rekaman dan para musisi yang selama ini mengandalkan RBT untuk mendongkrak pemasukan. Salah satu band yang merasa prihatin jika kebijakan itu benar-benar diterapkan adalah Wali.

”Gara-gara kebijakan pemerintah (yang kabarnya akan) menghapus pengoperasian RBT, membuat label atau perusahaan rekaman menjerit dan berakibat banyak yang bangkrut,” ungkap Fa’ank, vokalis Wali, di Jakarta, belum lama ini.

Selama ini Wali memang meraup keuntungan yang terbilang besar dari hasil RBT. Band yang berhasil menelurkan banyak hits ngetop, seperti ”Aku Bukan Bang Toyib”, ”Tobat Maksiat”, ”Cari Jodoh”, dan masih banyak lagi ini mengakui bahwa RBT adalah sumber utama penghidupan mereka sebagai musisi.

 ”RBT adalah sumber hidup label beserta artis rekaman seperti kami ini,” tutur Fa’ank mewakili teman-temannya di Wali.

Rumor tentang pelarangan layanan RBT ini membuat banyak musisi ”terpaksa” mengais rejeki dari jalur off air alias manggung di berbagai pentas musik. Kendati demikian, hasil yang diharapkan sampai saat ini masih belum memuaskan karena sepinya penonton.

”Tapi toh, masih sepi juga. Yah, nasib,” keluh Fa’ank seolah pasrah meratapi takdir.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda