Scroll to Top

Hanya 6 Persen Terumbu Karang yang Sangat Baik di Indonesia

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 06 Dec 2011

terumbu karang di raja ampat

Kehidupan bawah laut di Indonesia agak terancam. Pasalnya, jumlah terumbu karang di negara bahari ini terus saja menurun. Penyebabnya ada beberapa faktor, seperti perbahan iklim, faktor alam, sampai kejahilan manusia yang menggunakan bom saat menangkap ikan. Padahal, terumbu karang menjadi media “penyambung hidup” bagi ekosistem di laut dan perlu puluhan tahun untuk bisa berkembang.

Menurut data dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kondisi terumbu karang yang dalam kondisi sangat baik di negara ini hanya 6 persen. Ada 26 persen kondisinya baik, 36 persen cukup, dan 32 persen tidak bisa diharapkan alias rusak.

Padahal, Indonesia termasuk negara yang termasuk dalam garis imajiner segitiga terumbu karang dunia. Pada segitiga ini, untuk wilayah laut yang ada Indonesia, punya 450 karang batu dan 15 terumbu karang dunia. Dan, sekitar 70 persen wilayah Indonesia terdiri dari lautan.

Sementara itu, seperti dikutip National Geographic, LIPI akan membantu penyelamatan terumbu karang lewat program  Coral Reef Rehabilitation and Management Program (COREMAP). Pada program tersebut, LIPI menitikberatkan kegiatan pada edukasi terhadap masyarakat tentang masukan dan solusi atas keberlangsungan terumbu karang.

“Untuk faktor ulah manusia biasanya karena kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pelestarian ekosistem,” kata Lukman Hakim, Kepala LIPI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda