Scroll to Top

Microsoft Akan Produksi Kontrol TV Menggunakan Perintah Suara

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Wednesday, 07 Dec 2011

Remote televisi sangat berperan untuk mengalihkan program acara yang disenangi dan sedang berlangsung. Namun, beberapa tahun ke depan, remote televisi mungkin tidak akan berfungsi lagi. Karena, teknologi pengaturan program menggunakan perintah suara untuk televisi sedang dikembangkan.

kinect

Perusahaan teknologi Microsoft telah bersiap meluncurkan produk kontrol televisi menggunakan perintah suara. Produk tersebut akan dilempar ke pasaran mulai tahun depan.

Produk Microsoft tersebut memungkinkan perintah suara untuk mengalihkan program televisi, dengan sensor yang menggunakan kombinasi kontrol gerakan dan suara, agar bisa mengakses perintah suara yang diminta.

Sistem yang berkerja pada produk Microsoft ini hampir sama dengan kontrol sistem Siri pada Apple, yang digunakan pada produk iPhone 4S. Perintah suara akan diterima oleh alat kontrol dan langsung melakukan pencarian seperti melakukan browsing internet.

Tidak hanya televisi, produk kontrol televisi keluaran Microsoft ini juga bisa digunakan pada DVD dan music player. Hanya dengan menyebutkan program acara kesukaan sebagai perintah suara, alat kontrol akan dengan segera berkerja melakukan pencarian.

Saat ini, alat kontrol hanya berlaku pada Xbox 360. Alat ini juga memerlukan perangkat sensor Kinect keluaran Microsoft, yang akan memberikan layanan download gratis untuk konsol Microsoft dan diluncurkan pekan ini. Alat kontrol baru tersebut akan langsung terkoneksi pada akses ‘on demand’ Channel 4, Channel 5, LOVEFILM, MSN video, You Tube, dan Sky. Pada 2012 akan terkoneksi pula pada BBC.

Produk keluaran Microsoft ini digadang akan mengalahkan Apple iTV. Dikabarkan, teknologi yang menggunakan Microsoft Kinect sensor gerak dan suara, merupakan teknologi baru untuk menyaingi karya Steve Jobs.

“Ini merupakan era baru teknologi entertainment yang digabungkan menjadi satu. Terutama untuk games, film, program televisi, musik, dan olahraga,” ujar Don Mattrick, Presiden Interactive Entertainment Business di Microsoft.

Kontrol kinect Microsoft ini juga akan digunakan pada PC dalam waktu dekat. Sehingga, kontrol perintah menggunakan suara dapat berfungsi pula pada koneksi kabel dan satelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda