Scroll to Top

Kiat Memanfaatkan Twitter Untuk Pendidikan

By Melissa / Published on Monday, 05 Dec 2011

Twitter sudah menjadi bagian hidup sehari-hari dari banyak orang. Layanan jejaring sosial ini sendiri identik dengan hiburan dan bisnis.

Lalu, apakah mungkin menjadikan Twitter sebagai salah satu sarana untuk menunjang pendidikan Anda? Bisakah Anda menulis sesuatu yang ‘pintar’ dalam 140 karakter?

London School of Economics and Political Science telah menyiapkan pedoman bagi para akademisi yang ingin memanfaatkan Twitter untuk belajar.

Proyek Penelitian
Berikut beberapa saran dari pedoman tersebut yang dapat digunakan jika Anda ingin menggunakan Twitter sebagai bagian dari proyek penelitian Anda:

  1. Tuliskan berbagai perkembangan penting dari riset Anda.
  2. Gunakan hashtag untuk setiap satu jenis penelitian agar tampak rapi dan terstruktur.
  3. Minta bantuan dari followers Anda untuk mencari informasi, melakukan observasi, mengambil analisis data, menerjemahkan dan mengedit dokumen.
  4. Berinteraksi dengan media, pemegang saham atau perusahaan yang kemungkinan akan tertarik dengan penelitian Anda.

Komunikasi Internal
Jika Anda sedang mengambil jenjang pendidikan tertentu di sekolah atau universitas, Anda dapat menggunakan Twitter untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan Anda:

  1. Menginformasikan ke berbagai departemen bidang studi mengenai perkembangan riset Anda.
  2. Berinteraksi dengan sesama murid, senior atau peneliti lainnya.
  3. Berbagi informasi mengenai seminar, kuliah tamu, atau acara-acara lainnya.

Link Ke Blog Anda
Biasanya orang yang sedang belajar sering mengakses internet untuk menggali informasi dan banyak pula yang menulis blog untuk meningkatkan proses berpikir. Anda dapat menaruh link ke post di blog Anda melalui Twitter.

Alat Untuk Mengajar

  1. Ciptakan tweet berseri mengenai informasi ilmiah. Jangan lupa mencantumkan sumber terpercaya yang dapat dipertanggungjawabkan agar kredibilitas Anda tetap terjaga.
  2. Gunakan Twitter untuk berinteraksi dengan murid Anda mengenai tugas dan kesulitan mereka.
  3. Berikan ucapan selamat kepada murid yang berprestasi. Hal ini akan menciptakan rasa bangga dan meningkatkan keinginan belajar mereka.
  4. Jawablah beberapa pertanyaan yang diajukan murid dan berikan beberapa referensi tambahan melalui tweet Anda.
  5. Selalu berikan informasi mengenai perubahan terakhir pada riset Anda. Berbagai pendapat yang muncul dapat berujung pada debat sehat yang akan membuka kemungkinan baru untuk penelitian Anda.
  6. Tetap menjaga hubungan dengan murid Anda ketika mereka masih dalam tahap belajar dan setelah mereka lulus.

Sungguh menarik melihat para akademisi mendukung penggunaan Twitter sebagai sarana tambahan untuk menuntut ilmu. Apakah menurut Anda Twitter dapat menunjang pendidikan Anda?

(via Social Media Today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda