Scroll to Top

Kazuyoshi Miura, Pemain Veteran Jepang Masih Main di Usia 48 Tahun!

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 12 Nov 2015

Kazuyoshi Miura, Pemain Veteran Jepang Masih Main di Usia 48 Tahun!

Kazuyoshi Miura, pemain veteran Jepang yang pernah mencicipi bertarung di Liga Italia, ternyata masih tampil di kompetisi profesional. Miura yang sudah berusia 48 tahun, baru saja menandatangani kontrak bersama Yokohama FC, klub J2 League. Sampai kapan karier Miura berlanjut?

Di usia 38 tahun, Pep Guardiola sudah berhasil merebut gelar Liga Champions bersama Barcelona sebagai pelatih. Sementara itu, di usia lebih muda, 33 tahun, Andre Villas-Boas meraih Liga Europa bersama Porto, juga sebagai pelatih. Namun menjadi juru taktik, lantas mendapatkan gelar juara, tampaknya belum ada dalam pikiran Kazuyoshi Miura.

Usianya jelas sudah tidak cocok lagi untuk bermain sepakbola. Miura yang 48 tahun jauh lebih tua dari Pep Guardiola (44 tahun) atau Andre Villas Boas (38 tahun). Namun hal tersebut tidak mengurangi keuletan sang penyerang mencetak gol. Ia memegang rekor sebagai pemain tertua yang bisa mencetak gol di Liga Jepang, dan tampaknya masih ingin memperpanjang rekor tersebut untuk musim depan.

King Kazu, demikian Miura biasa disapa, baru saja membubuhkan tanda tangan di kontrak baru dengan Yokohama FC hingga setahun ke depan. Artinya, andai gantung sepatu pada saat itu, usia Miura sudah mencapai 49 tahun. Tapi, Miura masih yakin bisa memberikan kontribusi.

Katanya dikutip oleh Soccerway, “Saya berterima kasih kepada staf klub dan suporter yang selalu memberikan dukungan. Saya akan terus memberikan segala yang dipunya, dan tetap mempertahankan rasa lapar untuk bertanding.”

King Kazu musim ini bisa menyumbangkan tiga gol untuk Yokohama FC. Dan rasanya, pria yang pernah bermain untuk Palmeiras, Genoa, Dinamo Zagreb, hingga Verdy Kawasaki ini akan melakukan hal serupa musim depan.

Komentar Anda