Scroll to Top

Penggunaan iPhone Dilarang di Syiria

By Ibnu Azis / Published on Monday, 05 Dec 2011

iPhone dilarang di Syria

Mungkin Steve Jobs akan kecewa. Apa lacur, di tanah kelahiran sang Ayahanda, penggunaan telepon cerdas ini dilarang. Apa dibalik pelarangan ini?

Dilarangnya penggunaan iPhone tidak terkait dengan pelanggaran hak paten dan sejenisnya. Tindakan ini diambil oleh pemerintah setempat atas derasnya protes anti pemerintah yang dilakukan via telepon pintar tersebut.

Berdasarkan data yang ada, pemerintah Syria menemukan fakta bahwa, iPhone telah digunakan sebagai media untuk menyebarkan aksi anti pemerintah di dunia maya.

Foto-foto yang diambil melalui iPhone, kemudian dipublikasikan ke internet dengan cara memostingnya dan pemerintah tidak senang melihat fenomena ini.

Berdasarkan laporan BBC pada Minggu (04/12/11) waktu setempat, Kementrian Keuangan Syiria telah mengeluarkan peraturan untuk tidak menggunakan iPhone dan telah menghentikan impor telepon besutan Apple tersebut.

Ditengarai, alasan utama pemerintah dengan mengendalikan keberadaan iPhone adalah selain digunakan sebagai media penyebaran bagi aksi demonstran, aplikasi-aplikasi yang terdapat di iPhone dinilai memudahkan mereka untuk saling terhubung.

Negara Syria sendiri untuk saat ini tengah dilanda gejolak demonstrasi besar-besaran. PPB sendiri yakin jika jumlah korban telah menyentuh angka 4.000 jiwa sejak Maret silam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda