Scroll to Top

Kepler-22b, Planet Mirip Bumi Yang Baru Ditemukan NASA

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 06 Dec 2011

Mungkin tidak lama lagi manusia akan memasuki masa penjelajahan luar angkasa, mungkin tidak lama lagi manusia akan segera meninggalkan Bumi ini untuk pergi ke planet lain yang layak dihuni, karena sebuah kabar terbaru mengatakan, teleskop Kepler milik NASA telah menemukan sebuah planet seukuran Bumi yang mengorbit bintang seukuran matahari kita, di sebuah zona bernama “Goldilocks” dimana di zona tersebut air dalam bentuk cair ada di permukaan dan kondisi permukaan mendukung kehidupan layaknya di bumi.

Planet Kepler-22b

Planet tersebut dinamakan Kepler-22b, dimana planet itu mengorbit bintangnya dan berjarak 600 tahun cahaya dari Bumi.

Bill Borucki, perwakilan dari NASa Ames Research Center mengatakan:

Ukuran Kepler-22b adalah 2,4 kali lebih besar dari Bumi, tahun orbitnya (satu tahunnya) adalah 290 hari karena posisinya lebih dekat ke bintangnya dibanding Bumi ke matahari, sekitar 15 persen lebih dekat. Tapi bintangnya agak redup dibanding matahari, lebih kecil juga, sehingga Kepler-22b memiliki temperatur mirip Bumi, jadi tidak perlu khawatir planet tersebut terlampau panas.

Belum jelas apakah komposisi Kepler-22b didominasi batu, cairan, atau gas, namun yang jelas, planet ini berada di zona bisa dihuni.

Natalie Batalha, salah satu tim di Ames mengatakan:

 Dua hal menakjubkan mengenai Kepler-22b, pertama adalah planet ini tepat berada di zona bisa dihuni, kedua adalah planet ini mengorbit bintang yang sangat mirip dengan matahari kita.

Hmm, menarik kan planet ini, semoga saja nanti bisa secepat manusia melakukan penjelajahan ke sana, kita butuh rumah baru untuk tempat tinggal, bukan begitu? (via CNET)

 

4 thoughts on “Kepler-22b, Planet Mirip Bumi Yang Baru Ditemukan NASA”

  1. kalo di planet itu ada kemungkinan diserempet meteor juga kayak bumi ini, ya sama aja, mending tetep tinggal di bumi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda