Scroll to Top

4 Makanan Ini Bikin Sistem Pencernaan Sehat

By C Novita / Published on Sunday, 22 Nov 2015

pencernaan

Sistem pencernaan yang sehat akan memungkinkan nutrisi makanan terserap dengan baik, untuk kemudian disebarkan ke seluruh tubuh kita. Sebaliknya, jika pencernaan tidak sehat maka segala penyakit bisa timbul akibat nutrisi yang tidak terserap maksimal dari makanan yang sudah dikonsumsi.

Untuk menyehatkan sistem pencernaan, ahli gizi menganjurkan untuk mengonsumsi jenis makanan alami, dan meminimalkan bahan kimia atau bahan pengawet. Ditambah lagi secara rutin mengonsumsi jenis makanan berikut ini, yang terbukti bermanfaat baik untuk sistem pencernaan kita.

Apa saja jenis makanan yang baik untuk sistem pencernaan? Berikut laman Stylecraze melansirnya untuk Anda:

Ubi jalar

Jenis ubi jalar memiliki kandungan serat sehat, termasuk pada bagian kulitnya. Dianjurkan untuk mengonsumsi ubi jalar rebus tanpa dikupas sebab ia bermanfaat mengobati penyakit tukak lambung. Ada pula kandungan karbohidrat kompleks serta mangan yang berguna untuk mengatur berat badan.

Buah bit

Buah yang mirip ubi namun berwarna ungu pekat ini kaya serat, kalium, serta magnesium yang baik bagi sistem pencernaan. Ia berfungsi membersihkan, sekaligus mencegah penyakit di usus dan lambung.

Apel

Sebutir apel sehari akan membuat penyakit menjauh dari Anda. Bagaimana tidak, ada manfaat dari vitamin C, vitamin A, folat, mineral, kalium dan fosfor yang terdapat dalam sebutir apel. Belum lagi serat sehat yang terdapat di dalam kulit apel, sehingga Anda dianjurkan mengonsumsi apel tanpa mengupas kulitnya, agar pencernaan Anda sehat dan bersih.

Pisang

Buah ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan, terutama saat sedang diare. Dengan mengonsumsi buah kaya kalium ini, maka jumlah elektrolit dan kalium yang terbuang saat diare akan kembali normal.

 

Komentar Anda