Scroll to Top

Michael Ballack Dipensiunkan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 18 Jun 2011

Gelandang flamboyan Jerman dan Bayer Leverkusen, Michael Ballack, mesti menerima nasib. Ia tidak akan dipanggil lagi ke timnas. Hal ini disampaikan sendiri oleh pelatih Jerman, Joachim Loew. Menurut Loew, ia dan Ballack sudah membicarakan kemungkinan Ballack akan “pensiun” dari Jerman sejak Maret 2011 sebelum mengumumkan keputusan ini.

Ballack sendiri memang bukan lagi pilihan utama di timnas. Jerman yang sekarang begitu giat menggunakan para pemain muda jelas tidak membutuhkan Ballack yang usianya sudah 34 tahun dan sering dilanda cedera.

Meskipun Ballack sudah menjadi kapten Jerman sejak Euro 2004, performanya diyakini sudah “habis”. Dalam Piala Dunia 2010, namanya tidak disertakan dalam 23 pemain yang dipilih Joachim Loew karena cedera. Ban kapten pun sekarang melingkar di bahu Phillip Lahm yang usianya masih 27 tahun.

Ballack sebenarnya tercatat sangat produktif untuk tim Panzer. Ia mencetak 42 gol dari 98 pertandingan. Ia juga sempat mendapatkan silver shoes di ajang Piala Konfederasi 2005 (Jerman saat itu menduduki peringkat ketiga).

Urusan mengantar Jerman tampil luar biasa, kita tentu masih ingat kiprah pertama Ballack di turnamen resmi, Piala Dunia 2002. Kala itu, Jerman yang sebelumnya menjadi pesakitan di Euro 2000, sama sekali tidak diunggulkan. Nyatanya, berkat Ballack, termasuk golnya ke gawang Korea Selatan di semifinal, Jerman masuk ke final. Sayang, di final Ballack tidak boleh tampil karena akumulasi kartu kuning.

Di Piala Dunia 2006 di kandang tim panser, Ballack juga berhasil membawa Jerman menjadi peringkat ketiga. Selanjutnya, di Euro 2008, Jerman ditumbangkan oleh Spanyol 0-1 di partai puncak. Hanya di Euro 2004 saja Ballack tidak membawa Jerman meraih hasil luar biasa.

Kini pengganti Ballack di lini tengah Jerman bertebaran. Ada playmaker murni sepert Mesut Oezil, gelandang bertahan setangguh Sami Khedira, atau pemain-pemain muda lainnya.

Konon, Ballack akan diberi kesempatan oleh Joachim Loew untuk berlaga terakhir kali pada pertandingan persahabatan melawan Brazil pada 10 Agustus 2011 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda