Scroll to Top

Menahan Pipis Bikin Konsentrasi Lebih Baik, Tapi Jangan Dibiasakan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 26 Nov 2015

menahan pipis

Menahan kencing tidak disarankan bagi siapa pun. Namun ketika seseorang menahannya, ternyata ada manfaat tersendiri yang dapat dirasakan oleh tubuh. Orang yang menahan pipisnya bisa terpengaruh secara positif untuk psikisnya. Dia menjadi lebih meningkat semangat atau tekadnya. Demikian menurut sebuah studi yang dikutip laman Okezone dari Menshealth.

Studi ini dilakukan untuk melihat kaitan antara menahan kencing dengan kerja otak. Peneliti Iris Blandon-Gitlin, PhD, profesor psikologi di California State University, Fullerton, mengatakan bahwa terjadi kontrol impuls di otak yang mendorong terjadinya peningkatan semangat saat seseorang menahan air pipisnya.

Tekanan yang terjadi pada kandung kemih membuat suatu bagian otak beraksi. Bagian tersebut bermanfaat untuk melawan dorongan  seperti pada saat ingin menahan kencing. Reaksi seperti ini serupa dengan kerja otak pada waktu melawan keinginan untuk makan dan bisa pula memperbaiki konsentrasi seseorang.

Sementara itu dalam sebuah studi di Belanda ditemukan, orang yang dalam keadaan menahan kencing diketahui mampu menghasilkan nilai tinggi pada sebuah tes mental yang sulit ketimbang yang tidak menahan pipis. Mereka yang menahannya bukan malah buyar konsentrasinya. Justru, mereka memiliki mendapatkan konsentrasi yang lebih baik di balik usahanya menahan kencing.

Meski begitu, sangat tidak disarakan membiarkan air kencing terlalu lama di dalam kandung kemih. Begitu ada kesempatan membuangnya, sebaiknya segera keluarkan air kencing tersebut. Pasalnya, risiko paling ringan dari kebiasaan ini adalah penyakit infeksi saluran kemih dan risiko terberatnya yaitu terbentuknya batu saluran kencing.

Komentar Anda