Scroll to Top

Arema IPL Hadapi Wakil Malaysia, Vietnam, dan Myanmar di Grup H AFC Cup 2012

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 06 Dec 2011

Aremania bisa bernapas lega melihat hasil undian AFC Cup 2012. Arema IPL, satu-satunya wakil Indonesia di turnamen tingkat Asia, berhadapan dengan tiga klub Asia Tenggara yang notabene lebih merata kekuatannya.

AFC Cup

Dalam undian AFC Cup 2012 yang digelar hari ini, Arema IPL akan tergabung di Grup H. Mereka akan bertemu dengan Kelantan (Malaysia), Ayeyawady (Myanmar), dan Navibank Saigon (Vietnam).

Navibank Saigon adalah juara Piala Vietnam 2011. Klub yang bermarkas di Saigon City ini mendapatkan tiket ke AFC Cup 2012 setelah menekuk klub yang lebih berpengalaman di Asia, Sông Lam Nghệ An.

Di Liga Vietnam sendiri, Navibank Saigon tidak terlalu apik. Prestasi terakhir mereka adalah peringkat 8 dari 14 peserta Liga Vietnam 2011. Dalam tiga tahun terakhir, posisi klub ibukota ini selalu berada di zona pertengahan hingga bawah klasemen akhir.

Sementara, Kelantan FA adalah juara Liga Malaysia 2011. Mereka akan mengobati kekecewaan pendukung klub sepakbola Malaysia yang tahun lalu tidak berpartisipasi di tingkat Asia.

Musim lalu, Kelantan menjadi kampiun dari 14 peserta Liga Malaysia. Mereka mengumpulkan 56 poin, unggul tiga poin dari Terengganu FA yang juga mendapatkan jatah di AFC Cup setelah menjuarai Piala Malaysia 2011.

Lawan terakhir adalah Ayeyawady United dari Myanmar. Mereka adalah runner-up musim lalu di Liga Vietnam 2011. Hebatnya, Ayeyawady United tak terkalahkan dalam 22 penampilan di liga. Mereka cuma terpaut 2 angka dari sang juara, Yangon United yang juga berpartisipasi di turnamen yang sama.

Jadwal Grup H AFC Cup 2012 sendiri adalah sebagai berikut

No Tanggal Laga
1 6/7 Maret 2012 Arema vs Ayeyawady United
2 Kelantan vs Navibank Saigon
3 20/21 Maret 2012 Navibank Saigon vs Arema
4 Ayeyawady United vs Kelantan
5 3/4 April 2012 Kelantan vs Arema
6 Navibank Saigon vs Ayeyawady United
7 10/11 April 2012 Arema vs Kelantan
8 Ayeyawady United vs Navibank Saigon
9 24/25 April 2012 Ayeyawady United vs Arema
10 Navibank Saigon vs Kelantan
11 8/9 Mei 2012 Arema vs Navibak Saigon
12 Kelantan vs Ayeyawady United

Dengan terpecahnya Arema menjadi Arema IPL dan Arema ISL, diharapkan Singo Edan mampu tampil apik di ajang tingkat Asia ini. Maklum, musim lalu, Arema seolah ingin melepas laga di AFC Champions League dengan memainkan pemain-pemain kelas dua.

Apalagi, Persipura tidak bisa tampil di AFC Champions League setelah membelot ke ISL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda