Scroll to Top

Merokok Sebelum Atau Sesudah Operasi Payudara Bisa Merusak Puting

By Ika / Published on Wednesday, 07 Dec 2011

Memiliki payudara indah adalah impian setiap kaum hawa. Bagi sebagian wanita yang merasa payudaranya kurang sempurna, terkadang mereka menempuh berbagai cara untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, salah satunya adalah dengan melakukan operasi. Namun bagi wanita yang suka merokok, sebaiknya berhati-hati bila ingin melakukan operasi plastik pada bagian payudaranya.

Merokok

Menurut salah satu dokter bedah plastik terkemuka dari Amerika yang bernama Dr. Anthony Youn, wanita perokok yang melakukan operasi payudara bisa berakibat serius pada bagian puting payudara, baik merokok sebelum melakukan operasi maupun sesudah operasi. Ia mengungkapkan bahwa rokok bisa membuat puting pasien mudah rusak/terlepas.

“Saya ngeri setiap kali melihat pasien operasi payudara yang juga perokok. Saya sangat takut bahwa walaupun sudah saya peringatkan, mereka akan tetap merokok setelah operasi dan menyebabkan puting mereka menghitam dan akhirnya terlepas,” kata Dr.Anthony Youn sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Nikotin dan karbon monoksida yang terkandung dalam rokok diketahui dapat mengganggu aliran darah di dalam tubuh, salah satunya aliran darah di area puting payudara. Menurut ahli medis, racun rokok akan bertindak sebagai virtual tourniquet dan cukup efektif untuk ‘membunuh’ bagian tubuh hanya dengan menyumbat aliran darah ke bagian tubuh tersebut. Karena kurangnya aliran darah pada area puting inilah, maka proses penyembuhan pasca operasi (seperti jahitannya) akan ikut terganggu. Puting akan berubah ungu, menghitam, lalu bisa saja terlepas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda