Scroll to Top

Makan Ikan Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular

By Ika / Published on Wednesday, 07 Dec 2011

FishIkan sudah menjadi salah satu makanan yang terbukti memiliki kandungan gizi yang bagus dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sudah lama pula diketahui bahwa ikan juga berfungsi mengurangi resiko beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke, atau demensia yang berkaitan dengan Alzheimer. Bahkan menurut ahli medis, penurunan resikonya bisa mencapai 90%.

Suatu penelitian yang baru dilakukan ikut menguatkan fakta tersebut. Kali ini studi ilmiah dilakukan terhadap ribuan wanita. Menurut pada ahli, ikan berguna untuk meningkatkan tekanan darah, bagus untuk jantung maupun fungsi pembuluh darah pada wanita. Ikan juga diklaim sangat bagus bagi wanita yang baru melahirkan maupun wanita hamil, namun peneliti mengingatkan bahwa wanita hamil sebaiknya mengonsumsi ikan tak lebih dari dua porsi per minggu.

“Studi kami menunjukkan bahwa bagi wanita yang masih muda, mengonsumsi ikan adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan,” kata peneliti Dr.Marin Strom dari Statens Serum Institut seperti dikutip Sidomi News dari Daily Mail.

Menurut peneliti, rutin makan ikan sejak masih muda bisa sangat berguna, dan manfaat tersebut akan begitu terasa ketika usia sudah menua. Studi ilmiah ini sendiri dilakukan dengan melibatkan 49.000 wanita Denmark berusia 15-49. Kesehatan para partisipan tersebut terus dipantau selama seitar 8 tahun, mulai dari pola makan, gaya hidup, maupun riwayat keluarga. Secara keseluruhan, telah ada 577 kasus penyakit kardiovaskular selama studi tersebut, misalnya penyakit jantung atau stroke.

Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa mereka yang jarang atau bahkan tidak memakan ikan, memiliki resiko 90% lebih tinggi terhadap penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan mereka yang sering memasukkan ikan dalam menu makan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda