Scroll to Top

Tampilan LibreOffice akan Dirombak

By Ditya / Published on Monday, 21 Dec 2015
LibreOffice
LibreOffice

Belum lama ini The Document Foundation atau TDF, perusahaan dibalik proyek apikasi Office open source LibreOffice mencari seorang developer untuk menerapkan metrics collection. Ini adalah bagian dari rencana TDF untuk merombak tampilan antarmuka aplikasi LibreOffice. Lalu seperti langkah yang dilakukan oleh TDF?

LibreOffice adalah aplikasi Office alternatif dari Microsoft Office yang memiliki fitur yang kurang lebih setara. Kelebihan LibreOffice ini adalah bersifat open-source dan gratis. Meski terus mengalami pengembangan, antarmuka aplikasi LibreOffice ini dinilai sudah ketinggalan zaman dan sudah saatnya dirombak.

Sebagai langkah awal, The Document Foundation akan merekrut pengembang atau perusahaan untuk menerapkan metrics collection pada LibreOffice. Hal ini diperlukan karena sebelum pengembang melakukan perombakan tampilan, mereka membutuhkan data berupa laporan berkala dari masyarakat pengguna LibreOffice. Hal ini diperlukan untuk memahami perilaku pengguna.

“Dalam rangka meningkatkan user interface, interaksi manusia dan kegunaan dari LibreOffice, The Document Foundation mencari seorang individu atau perusahaan sebagai proyek turnkey, menerapkan fitur metrics collection kegunaan untuk dimasukkan ke dalam Windows, Linux dan Mac OS versi X dari office suite gratis,” tulis Florian Effenberger, salah seorang anggota The Document Foundation melalui blognya.

Namun, sistem metrics collection yang diterapkan oleh LibreOffice ini malah justru menjadi mirip Microsoft Office yang dianggap memata-matai pengguna. Meski demikian, sulit membuat perubahan signifikan tanpa mendapat dukungan data dari metode seperti metrics collection ini sebagai basis pengembangan di masa mendatang, seperti yang dilansir dari Softpedia (20/12/2015).

Komentar Anda