Nama iPad Dilarang Di Cina, Apple Kelabakan

Begitu banyak berita mengenai Apple di dunia maya, baik mengenai gadget keluaran terbaru dari mereka, ataupun masalah-masalah hukum yang dihadapi Apple sebagai perusahaan besar. Kali ini, satu lagi kabar mengenai tuntutan hukum yang harus dihadapi Apple, dimana di Cina, Apple harus menghadapi tuntutan hukum bahwa Apple dilarang menggunakan nama iPad untuk produk tablet populer miliknya atas dasar pelanggaran hak cipta.

Apple iPadHak cipta nama iPad asalnya berasal dari perusahaan di Cina bernama Proview Technology yang memiliki nama tersebut sejak 2001 di Cina. Apple sendiri sudah membeli hak untuk menggunakan nama tersebut tahun 2009 lalu seharga $54.000. Yang patut diketahui, Proview “menahan” hak nama tersebut agar tetap di Cina saat perjanjian dibuat.

Tentu saja, Apple tidak menyenangi keputusan tersebut, namun terpaksa Apple mengikutinya. Sekarang iPad adalah sebuah nama produk yang populer dan menjadi bagian penting dari kelanjutan bisnis Apple, dan alternatif yang ada hanya mengubah nama produk tersebut selain iPad.

Apple masih mengusahakan agar Apple bisa menggunakan hak cipta ini dengan layak, meski Proview meminta 1,6 milyar dolar kepada mereka. Pertanyaannya adalah, jika persetujuan antara Apple dan Proview tidak tercapai, Apple akan dipaksa mengganti nama produknya, atau tentunya merogoh kocek untuk Proview. Menurut kamu, apa langkah yang akan diambil Apple? (via Geek)

Komentar Anda

Leave A Response