Scroll to Top

Jam Kerja Tidak Teratur Picu Diabetes

By Ika / Published on Thursday, 08 Dec 2011

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bagi kita, begitu pula dengan bekerja. Jam kerja yang tidak menentu diketahui memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, apalagi bila seseorang sering terjaga dan bekerja pada malam hingga dini hari.

Menurut ahli kesehatan, seseorang dengan jam kerja tidak teratur akan mengalami gangguan pola makan dan masalah tidur. Semua hal ini diduga dapat memicu terjadinya penambahan berat badan. Tak hanya itu, ahli medis juga memperingatkan bahwa diabetes tipe 2 bisa saja mengintai mereka yang suka bekerja dan sering mengabaikan istirahat di malam hari.

Sleep

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang disebabkan karena adanya gangguan fungsi insulin, sehingga hormon ini tidak bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Beberapa ilmuwan dari Universitas Harvard mencoba melakukan penelitian berkaitan dengan hal ini. Mereka meneliti kesehatan sejumlah pekerja, baik yang bekerja di malam hari, siang hari, maupun bekerja sepanjang hari (siang dan malam).

Dari hasil penelitian diketahui bahwa mereka yang memiliki jam kerja tidak teratur (kadang bekerja di siang hari, kadang malam hari, atau bahkan siang dan malam), setidaknya selama 3 tahun, memiliki resiko 20% lebih tinggi terhadap diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang rutin menghabiskan malam hari dengan tidur atau beristirahat. Apabila jam kerja tidak teratur ini dilakukan selama sekitar 20 tahun, bisa beresiko mengalami diabetes tipe 2 hingga 60%.

Sebagaimana dikutip Sidomi News dari Daily Mail, seorang peneliti bernama Profesor Frank Hu mengungkapkan bahwa jam kerja yang tidak teratur dapat mengganggu circadian rhythms pada tubuh atau yang biasa disebut sebagai jam tubuh, di mana hal ini memiliki peran penting dalam mengatur kadar gula darah.

Hasil penelitian ini menguatkan studi sebelumnya yang mengatakan bahwa kekurangan tidur/istirahat dapat menyebabkan resistensi insulin dan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda