Syamsir Alam

Apa kabar Syamsir Alam? Setelah sekian lama menimba ilmu di Uruguay, penyerang masa depan Indonesia ini kini berlabuh ke klub Divisi II Liga Belgia, CS Vise.

30 Desember mendatang, Alam siap berangkat ke klub yang sekarang berada di peringkat 6 Divisi II tingkat domestik. Klub ini memang bukan klub istimewa di negara tetangga Belanda. CS Vise lebih sering berkutat di divisi bawah.

Namun, bagaimana pun, diharapkan Alam mampu mendapatkan pengalaman berharga untuk berkompetisi di Eropa yang dikenal dengan tingkat kedisiplinan tinggi.

Kedatangan Alam ke CS Vise sendiri bukan tanpa “bantuan”. Vise memiliki seorang investor sekaligus direktur Indonesia. Siapa lagi kalau bukan dari keluarga Bakrie, Adika Nuraga Bakrie.

Alam akan bergabung dengan para pemain Indonesia lain di klub berjuluk Les Oies. Mereka adalah Yericho Christiantoko, Alfin Tuasalamony, dan Yandi Sofyan, yang sama-sama jebolan SAD hasil binaan kompetisi di Uruguay.

Situs resmi CS Vise sendiri sudah mencantumkan video dan foto aksi Syamsir Alam sebagai “perkenalan” sang penyerang baru kepada pendukung mereka.

Semestinya, berada di klub yang memiliki bos “orang lokal” dan “cuma” di Divisi Dua, Syamsir Alam bisa menunjukkan kualitas yang lebih. Bukan tidak mungkin CS Vise hanya akan dijadikan batu loncatan baginya seandainya Alam sukses di musim pertama bergabung dengan klub yang dibentuk pada 1924.

Dengan merumput di Stade de la cite de l’oie yang “cuma” berkapasitas 5200 orang, Alam pun diharapkan tidak kagok atau demam panggung. Sangat wajar jika Alam ingin menjadi top skorer di klub ini. Sekaligus, memenuhi target Aga Bakrie yang menginginkan CS Vise mampu menembus Divisi Satu Liga Belgia.

Sebelum Alam, sudah ada Arthur Irawan yang bermain untuk Espanyol. Sementara, Andik Vermansyah tengah diburu oleh Benfica, dan tidak menutup kemungkinan, AC Milan.