Scroll to Top

Kantata Bangkit, Segera Gelar Konser Reuni

By Aditya / Published on Thursday, 08 Dec 2011

 

Sepak terjang Kantata Takwa di masa Orde Baru tentunya masih terngiang di benak sebagian orang Indonesia. Bagaimana tidak? Kantata Takwa pada era itu merupakan simbol perlawanan terhadap arogansi penguasa lewat syiar musik. Adalah Iwan Fals, Sawung Jabo, dan Setiawan Djody, tiga musisi yang berjuang di bawah panji-panji Kantata Takwa.

Setelah sekian lama tertidur, di penghujung tahun 2011 ini Kantata Takwa bangkit lagi, namun dengan nama yang sedikit berbeda. Di belakang kata ”Kantata” sudah tidak ada tambahan ”Takwa” lagi, namun diganti dengan tambahan ”Barock”. Jadilah Kantata Barock menjadi nafas perubahan bagi Kantata Takwa.

”Kita mengambil nama Barock untuk disandingkan dengan Kantata, karena kita ingin menunjukkan perubahan kepada semua orang,” cetus Setiawan Djody di Jakarta, Rabu (7/12), seperti dikutip dari VivaNews.

Menurut Setiawan Djody, nama ”Barock” mengandung makna filosofis yang diangkat dari mitologi Bali. Nama ”Kantata” tetap dipertahankan karena ingin menjadi raja dari segala roh kebaikan yang ada di dunia.

Kantata Barock masih diisi oleh para personel utamanya, yaitu Setiawan Djody, Iwan Fals, dan Sawung Jabo. Untuk menandai kebangkitan ini, digagaslah konser reuni pada akhir tahun 2011 nanti di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pada konsernya itu, Kantata Barock berencana akan menggandeng sejumlah musisi dan band anak muda papan atas, termasuk Kotak.

Selain Setiawan Djody, personel lainnya, Iwan Fals, pun angkat bicara tentang pengalaman dan perjuangannya bersama Kantata Takwa yang dilakoninya selama 20 tahun.

”Kita tetap setia dengan apa yang kita pilih. Ini jadi kenangan yang dalam. Saya nggak salah dengan memilih dunia musik ini. Ada pikiran-pikiran kebangsaan dan pluralisme. Alhamdulillah saya bergabung dengan grup ini,” ujar Iwan Fals.

Para penggemar berat Iwan Fals dan Kantata tentunya tidak akan melewatkan moment langka ini. Lagu-lagu yang sarat kritik sosial, seperti Bento dan Bongkar, tentunya akan menggelorakan gairah baru di tengah kondisi negara yang carut-marut seperti sekarang ini. Kebangkitan Kantata Barock menuju perjuangan terbaru mereka ini memang sangat patut untuk ditunggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda