Scroll to Top

Jalan 15 Menit Setiap Hari Bisa Turunkan Minat Makan Cokelat

By Ika / Published on Thursday, 08 Dec 2011

CokelatSebagian besar orang tentu pernah mengalami rasa stres saat bekerja. Beberapa di antaranya kadang langsung mengambil cemilan atau makanan kecil untuk meredakan rasa stres tersebut. Cokelat, adalah salah satu cemilan yang paling banyak dipilih para pekerja ketika mereka menghadapi tekanan di tempat kerja.

Cokelat memang diklaim dapat memperbaiki mood, tapi ada kekhawatiran lain yang mengintai terutama bagi para wanita, yaitu adanya kandungan kalori yang cukup tinggi pada makanan manis tersebut. Hal ini diduga dapat meningkatkan resiko kegemukan yang tentunya tidak diinginkan oleh siapapun.

Menurut para peneliti ada suatu cara sederhana untuk menurunkan nafsu makan terhadap cokelat, yaitu dengan berjalan kaki selama 15 menit setiap harinya sebelum bekerja. Aktivitas ini diklaim dapat mengurangi konsumsi cokelat pada seseorang hingga setengah dari jumlah cokelat yang biasa ia makan ketika menghadapi stres pekerjaan.

Para ilmuwan dari Universitas Exeter mencoba membuktikan hal ini dengan melakukan sebuah penelitian. Studi ilmiah yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Appetite ini meneliti 78 penggemar cokelat, di mana mereka memang mengonsumsi cokelat secara rutin saat sedang stres gara-gara pekerjaan.

Sebagian dari partisipan ini tidak diperbolehkan memakan cokelat selama dua hari lalu disuruh melakukan serangkaian aktivitas seperti berjalan 15 menit setiap hari sebelum bekerja.

Hasilnya, mereka yang rutin berolahraga dengan cara jalan kaki tersebut pada akhirnya hanya memakan cokelat sebanyak setengah dari porsi yang biasa mereka konsumsi. Setengah porsi tersebut diperkirakan sebanyak 15gr. Sedangkan mereka yang tidak berjalan kaki sebelum bekerja dan menghadapi stres selama bekerja, diketahui mengonsumsi cokelat sebanyak 28gr.

Menurut peneliti, aktivitas olahraga atau berjalan kaki selama 15 menit sebelum bekerja bisa membuat suasana hati yang nyaman dan mood yang bagus. Karena itu, walau mendapat kesulitan di tempat kerja, rasa stres yang didapat tidak terlalu tinggi dan mereka cenderung memakan cokelat dalam jumlah yang lebih sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda