Scroll to Top

Bafetimbi Gomis: Pencetak Hattrick Tercepat Liga Champions Sepanjang Masa

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 08 Dec 2011

Apa yang bisa Anda lakukan dalam 7 menit? Jika pertanyaan itu ditujukan pada Bafetimbi Gomis, jawabannya adalah mencetak hattrick.

Bafetimbi Gomis

Ya, 3 golnya dalam kurun waktu tersebut —dan total ia mengemas 4 gol– membawa Lyon mencatatkan salah satu kemenangan tandang terbesar di Liga Champions. Mereka melumat tuan rumah Dinamo Zagreb 1-7.

Lyon lolos ke babak 16 besar dan Gomis mencatatkan rekor pencetak hattrick tercepat sepanjang masa. Rekor ini sebelumnya sudah bertahan selama 16 tahun.

Adalah Mike Newell yang memegang klaim pemborong tiga gol tercepat pada musim 1995/1996. Ia membuatnya hanya dalam 5 menit dalam laga Blackburn vs Rosenborg.

Sementara, Gomis  pertama kali membobol gawang Dinamo Zagreb di menit 45. Kemudian, gol tambahan lahir di menit 48 dan 52. Tambahan satu gol lagi dilesakkan pada menit 70 sehingga Gomis langsung melesat ke salah satu pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan 5 gol. Sebelumnya, ia baru sekali membobol gawang lawan di ajang ini.

Gomis yang kelahiran La Seyne-sur-Mer, Prancis, 6 Agustus 1985 adalah produk Saint-Ettiene junior.  Setelah tujuh musim berada di klub yang membesarkan namanya —dengan catatan semusim dipinjamkan ke Troyes—, musim 2009/2010 ia dibeli Olympique Lyonnais seharga 13 juta Euro.

Gomis tercatat sebagai salah satu dari sedikit pemain yang ditransfer oleh kedua klub yang terlibat dalam Derby du Rhone ini.
Dua setengah musim bersama Lyon, Gomis tidak membutuhkan masa adaptasi.

Musim 2009/2010 dan 2010/2011 dilaluinya dengan tampil konsisten sebagai pemain inti. 29 gol sudah ditorehkan dari 96 penampilan. Musim ini, baru tampil 13 kali, ia sudah mengemas 12 gol. Tambahan 7 gol lagi akan mencatatkan musim 2011/2012 sebagai musim tersubur Gomis sepanjang karier sepakbola profesionalnya.

Kehadiran Gomis di lini depan Olympique Lyon juga menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi penggemar juara Liga Prancis tujuh kali berturut-turut ini. Mengingat, Gomis datang tepat setelah Karim Benzema, sang pahlawan, hijrah ke Real Madrid.

Lolosnya Lyon ke babak 16 besar sendiri akan membuat pedang bermata dua bagi klub ini. Di satu sisi, pencapaian apik akan membuat mereka membuktikan, klub-klub non-liga terbaik (Liga Spanyol, Italia, dan Inggris) bukan hanya sekadar pelengkap.

Namun, jika Gomis semakin gemilang, hari-harinya di Lyon akan semakin singkat saja. Cetusan Gomis yang ingin bermain di Serie-A bisa menjadi pemicu kepindahan pemain keturunan Senegal ini.

Video pembantaian Dinamo Zagreb oleh Olympique Lyon bisa dilihat di video berikut.

http://www.youtube.com/watch?v=QAq7PE6RVYM

One thought on “Bafetimbi Gomis: Pencetak Hattrick Tercepat Liga Champions Sepanjang Masa”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda