Scroll to Top

Thomas Vermaelen Jadi Solusi Krisis Bek Kiri Arsenal

By Wan Faizal / Published on Thursday, 08 Dec 2011

Arsenal lagi-lagi mengalami masalah di sektor pertahanan mereka, kali ini di sisi kiri. Itu disebabkan karena dua bek kiri murni mereka, Kieran Gibbs dan Andre Santos, tengah menderita cedera.

Gibbs telah menghilang sejak pertengahan Oktober silam setelah mengalami operasi hernia. Ia diperkirakan baru bisa kembali merumput saat Arsenal melawan Chelsea, pada tanggal 19 Desember.

Sementara Santos, mengalami cedera engkel saat Arsenal tunduk 3-1 dari Olympiakos di ajang Liga Champions. Kemungkinan pemain asal Brazil itu harus absen selama tiga pekan.

Sialnya, tak ada lagi pemain dengan posisi asli bek kiri lagi di skuad arahan Arsene Wenger tersebut. Karena bek lainnya, Armand Traore, telah berlabuh ke Queens Park Rangers.

Solusinya, Wenger bisa memakai jasa Thomas Vermaelen dan bek muda mereka, Ignasi Miquel, untuk digeser ke sisi kiri dalam tiga pertandingan ke depan melawan Everton, Manchester City, dan Aston Villa.

Musim ini Miquel telah beberapa kali dicoba dipasang di bek kiri. Saat melawan Olympiakos, ia bermain di sisi kiri untuk menggantikan Santos. Juga ketika Arsenal kalah dari City di ajang Carling Cup sepekan lalu.

Namun agaknya terlalu riskan memainkan bek berusia 19 tahun itu. Selain karena posisi aslinya adalah bek tengah, Miquel juga belum berpengalaman. Akan menjadi perjudian besar bagi Wenger jika memainkan Miquel di sisi kiri untuk tiga pertandingan tersebut.

Peluang terbesar untuk menduduki posisi tersebut akan jatuh pada Vermaelen. Meski lebih sering bermain di jantung pertahanan, Vermaelen sejatinya pernah bermain di bek kiri saat ia membela Ajax Amsterdam dan Timnas Belgia.

Dengan begitu, Wenger tidak perlu khawatir lagi. Ketika Vermaelen digeser ke kiri, masih ada Laurent Koscielny yang bisa menemani Per Mertesacker di pos bek tengah. Sementara Johan Djourou sepertinya harus rela bermain di bek kanan untuk menutup lubang yang ditinggalkan Bacary Sagna dan Carl Jenkinson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda