Scroll to Top

FIFA Club World Cup 2011: Pertarungan Para Juara

By Wan Faizal / Published on Thursday, 08 Dec 2011

FIFA Club World Cup 2011 akan kembali bergulir. Ya, ajang tahunan yang mempertemukan para juara dari berbagai belahan dunia ini akan kembali dihelat pada 8-18 Desember 2011 di Jepang.

Kesiapan Jepang sebagai penyelenggara tahun ini sempat diragukan mengingat negeri tersebut tahun ini baru saja mengalami musibah gempa bumi dan tsunami yang mengerikan. Beruntung Presiden FIFA, Sepp Blatter, tetap menaruh kepercayaan pada Jepang.

Tim Peserta

Ajang yang dulunya dikenal dengan nama Piala Interkontinental ini memang selalu dinanti para klub dan pemain yang terlibat. Maklum saja karena pemenang di ajang ini berhak menahbiskan diri sebagai yang terbaik di bumi ini.

Untuk tahun ini, komposisi peserta tetap sejumlah 7 tim yang diambil dari masing-masing zona. Zona Eropa diwakili oleh juara Liga Champions 2010-2011, Barcelona. Sementara Zona CONMEBOL diwakili oleh Santos yang merupakan juara Copa Libertadores 2011.

Ajang ini sendiri diharapkan dapat melahirkan kejutan dari klub kecil yang bisa meruntuhkan hegemoni klub besar. Tahun lalu, TP Mazembe nyaris menjadi juara andai di final tidak dikalahkan Inter Milan.  Keluarnya TP Mazembe menjadi finalis diharapkan menjadi inspirasi bagi klub lain di luar zona UEFA dan CONMEBOL untuk bisa tampil mengejutkan. Karena selama ini ajang ini cukup didominasi wakil dari kedua zona tersebut.

Berikut adalah peserta FIFA Club World Cup 2011:

Klub

Negara

Zona

Status

Barcelona

Spanyol

UEFA

Juara UEFA Champions League 2010-2011

Santos

Brazil

CONMEBOL

Juara Copa Libertadores 2011

Monterrey

Meksiko

CONCACAF

Juara CONCACAF Champions League 2010-2011

Al-Sadd

Qatar

AFC

Juara AFC Champions League 2011

Esperance

Tunisia

CAF

Juara CAF Champions League 2011

Auckland City

Australia

OFC

Juara OFC Champions League 2010-2011

Kashiwa Reysol

Jepang

AFC (Tuan Rumah)

Juara J-League 2011

Sistem Pertandingan

Di ajang ini, dua klub yang tidak diunggulkan selalu harus rela melakoni laga play-off. Pemenang dari laga ini nantinya akan bertemu dengan Monterrey di babak perempat final. Kali ini yang harus memulai laga lebih awal adalah Kashiwa Reysol dan Auckland City.

Sementara dua tim lain sudah dipastikan harus bertemu di babak perempat final. Mereka adalah Esperance dan Al-Sadd.

Pemenang dari babak perempat final tersebut harus bertemu dengan Barcelona atau Santos yang telah dipastikan maju ke babak semifinal karena berstatus tim unggulan.

Di FIFA Club World Cup ini nantinya akan terpilih lima besar atau lima tim terbaik. Tim terbaik pertama dan kedua akan diketahui dari hasil laga final. Tim terbaik ketiga dan keempat diketahui dari hasi laga perebutan tempat ketiga. Sementara perebutan tempat kelima akan mempertemukan dua klub yang mengalami kekalahan di babak perempat final.

Di ajang ini, extra time dan dilanjutkan adu penalti, hanya akan diberlakukan pada laga-laga selain laga perebutan tempat ketiga dan kelima. Artinya, jika terjadi skor imbang di laga perebutan tempat ketiga dan kelima, akan dilangsungkan adu penalti tanpa babak extra time.

Jadwal Pertandingan

Berikut adalah jadwal lengkap FIFA Club World Cup 2011:

Tanggal (2011)

Babak

Pertandingan

Keterangan

8 Desember

Play-off

Kashiwa Reysol vs Auckland City

Match 1

11 Desember

Quarter-finals

Esperance vs Al-Sadd

Match 3

11 Desember

Quarter-finals

Winner Match 1 vs Monterrey

Match 2

14 Desember

Fifth Place

Loser Match 2 vs Loser Match 3

Match 4

14 Desember

Semi-finals

Winner Match 2 vs Santos

Match 5

15 Desember

Semi-finals

Winner Match 3 vs Barcelona

Match 6

18 Desember

Third Place

Loser Match 5 vs Loser Match 6

Match 7

18 Desember

Final

Winner Match 5 vs Winner Match 6

Match 8

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda