Scroll to Top

Bingung ISL atau IPL, Persib dan Gresik United Siap Menggandakan Diri

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 08 Dec 2011

Liga Indonesia musim ini akan semakin “menggelikan” jika rencana dua klub, Persib dan Gresik United benar-benar terlaksana. Keduanya siap membentuk tim “kedua” untuk berlaga di kompetisi resmi PSSI. Meskipun, Persib dan Gresik United memiliki motif berbeda.

IPL vs ISL

Gresik United Berubah Nama, Gresik United Menjadi Dua

Gresik United sebenarnya sudah bergabung dengan ISL. Mereka bahkan mengganti nama dari Gresik United menjadi Persegres Jaka Samudra. Klub pasangan Julia Perez, Gaston Castano, tampil dua kali dan selalu kalah. Kini mereka berada di dasar klasemen sementara.

Namun, ketidakpuasan beberapa pengurus atas pilihan masuk ke ISL menjadi pemicu dimanfaatkannya kembali nama Gresik United.
CEO PT Gresik United yang sekarang, Ali Mukhid, meyakinkan publik bahwa Gresik United kedua ini siap berlaga di Divisi Utama musim 2011/2012 di bawah PT LPIS yang ditunjuk oleh PSSI.

Kehadiran Gresik United versi IPL sendiri konon didasarkan pada kenyataan bahwa banyak pengurus Gresik United yang ingin menyelamatkan klub yang dahulu bernama Petrokimia Putra, agar tidak disanksi PSSI kemudian hari.

Agak unik memang. Gresik United pertama, yang sekarang bernama Persegres, berada di kompetisi tertinggi Liga Super Indonesia. Mereka mendapatkan jatah “gratis” ke ISL demi memenuhi kuota 18 tim yang berlaga di kompetisi teratas Indonesia.

Sementara, Gresik United kedua, yang menggunakan nama Gresik United, berada di Divisi Utama PSSI sesuai peringkat mereka musim lalu. Sedianya, Divisi Utama versi PSSI sendiri akan digelar pada pertengahan Desember ini.

Persib Menjilat Ludah Sendiri?

Di lain tempat, Persib juga ingin bergabung kembali ke IPL. Namun, mereka tidak menyerahkan tim utama ke kompetisi versi PSSI ini. Persib rencananya akan menggunakan skuad berisi pemain muda seperti yang dilakukan oleh Sriwijaya FC.

Seandainya Persib benar-benar mendaftarkan tim U-21 ke IPL, mereka ibarat menjilat ludah sendiri. Sebelumnya, Persib sudah berada di IPL. Bahkan, mereka menggelar laga pembuka kompetisi ini saat bermain imbang dengan Semen Padang 1-1.

Namun, lima hari menjelang kick-off jadwal berikutnya di IPL, Persib mengubah haluan ke ISL yang dianggap lebih kompetitif.

Masalahnya, hingga saat ini, Sriwijaya FC U-21 yang dikirim ke IPL, dicueki oleh PSSI. Hal ini wajar karena bagaimana mungkin PSSI mau menerima tim kelas dua berlaga di kompetisi yang dianggap resmi? Sementara tim utama Sriwijaya FC yang diisi para pemain timnas seperti Fery Rotinsulu justru bermain di ISL.

Kalau Sriwijaya FC dicueki, Persib dipastikan akan mendapatkan respons yang lebih buruk.

Yang jelas, kalau Persib dan Gresik United bisa menggandakan diri, bukan tidak mungkin, peserta lain di ISL akan melakukan hal yang sama. Sebelumnya, ada Arema ISL vs Arema IPL, Persebaya (ISL) vs Persebaya 1927 (IPL), Persija ISL vs Persija IPL, PSMS ISL vs PSMS IPL, dan terakhir Sriwijaya FC ISL vs Sriwijaya FC IPL jika mereka diterima PSSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda