Scroll to Top

Jutaan Orang Kini ‘Bekerja’ Sebagai Pengembang Aplikasi Facebook

By Melissa / Published on Thursday, 08 Dec 2011

Facebook terkenal sangat berhati-hati dalam merilis fitur baru. Jika mereka melempar fitur baru yang kurang menarik dalam waktu mendadak, bisa-bisa para pengguna akan memunculkan berbagai grup yang mengusung gerakan anti fitur baru tersebut.

Namun kini sepertinya Facebook telah menemukan strategi yang bagus untuk merilis fitur baru mereka, yaitu dengan tidak menambah fitur tersebut langsung ke semua pengguna, tetapi secara bergilir dan perlahan-lahan.

Dengan cara ini, para pengguna justru ‘penasaran’ dan mencoba berbagai cara agar dapat segera mencicipi fitur baru tersebut. Contoh yang paling signifikan adalah fitur Timeline.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, fitur Timeline dapat langsung diakses melalui langkah-langkah tertentu. Dengan mendaftar sebagai pengembang aplikasi, para pengguna dapat mengaktifkan fitur Timeline mereka.

Ternyata, jumlah pengguna yang mencoba proses aktivasi fitur Timeline dengan cara ‘menjadi’ pengembang aplikasi tersebut hingga kini sudah mencapai jutaan orang.

Facebook sendiri membahas sedikit mengenai hal ini  di blog mereka:

“Kami mengumumkan Timeline di bulan September kemarin dan membuka akses bagi para pengembang untuk mencoba membuat aplikasi di Facebook. Sejak itu, lebih dari jutaan pengguna telah mendaftarkan diri sebagai pengembang aplikasi untuk layanan kami agar dapat mengakses Timeline.”

Facebook tentunya menikmati perkembangan ini. Alasannya sederhana, dengan adanya jutaan orang mengakses fitur baru tersebut, Facebook mendapat tes beban untuk fitur baru dengan jumlah pengguna yang luar biasa secara gratis.

Mungkin jika Facebook merilis setiap fitur barunya dengan strategi ‘semi-tertutup’ seperti ini, para pengguna akan terpuaskan apabila mereka berhasil mendapat akses, dan Facebook juga akan diuntungkan karena mendapat sample tes beban dengan gratis.

(via TechCrunch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda