Scroll to Top

Airtop, Komputer Mini Tanpa Kipas dengan Kinerja Kelas Server

By Ditya / Published on Friday, 15 Jan 2016
Airtop
Airtop

Belum lam ini komputer mini berkinerja tinggi Airtop secara resmi telah diperkenalkan. Tak hanya menawarkan ukuran yang mini, Airtop juga menawarkan kinerja yang sangat tinggi yang mampu mengimbangi server kelas entry-level. Komputer mungil ini mengadopsi desain fanless atau tanpa kipas.

Komputer mini Airtop ini menawarkan kinerja yang cukup mumpuni untuk menangani komputasi dasar dan menengah dengan dukungan prosesor Intel Core i7 generasi baru yang ditandemkan dengan grafis dari Nvidia GeForce GTX 950. Juga tersedia varian yang lebih gahar dengan sokongan prosesor Intel Xeon yang diduetkan dengan grafis kelas server, yakni Nvidia Quadro M4000.

Berdasarkan spesifikasi dapur pacu yang ditawarkan, komputer mini ini tidak seperti kebanyakan komputer mini yang beredar di pasaran, mengapa? Kinerja sangat tinggi yang ditawarkan mampu menangani pelbagai tugas berat dan rumit. Bahkan, beberapa varian Airtop siap digunakan untuk keperluan server dengan performa yang handal.

Agak berbeda dengan komputer NUC besutan Intel, Airtop mengusung dimensi yang 12″ x 10″ x 4″, sehingga pengguna dapat leluasa membawanya kemana saja. Komputer mini ini juga didukung konektivitas yang cukup lengkap, sebut saja port USB 3, port USB 2.0, HDMI, Audio Jack, Ethernet, WiFi, dan Bluetooth.

Sektor ruang penyimpanan, Airtop ini menyediakan drive bay 2.5 inci yang mendukung media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) M.2 80GB atau hard disk konvensional. Meski sama-sama mengusung desain mini dan tanpa kipas, Airtop bukanlah pesaing bagi komputer mini konsumer seperti Intel NUC, ECS Liva atau Zotac ZBox.

Seperti yang dilansir dari Liliputing (14/01/2016), harga komputer mini Airtop ini tidaklah murah. Varian dasar atau spesifikasi terendahnya dijual dengan harga $1128 atau sekitar Rp 15,6 juta.

Komentar Anda