Scroll to Top

Olahraga 1 Menit Tiap Hari Mampu Mencegah Diabetes

By Ika / Published on Friday, 09 Dec 2011

Exercise BikesDiabetes adalah salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam tubuh. Jenis diabetes yang paling umum diderita adalah diabetes tipe 2, di mana penyakit yang satu ini disebabkan oleh terjadinya resitensi insulin sehingga hormon ini tidak mampu lagi mengontrol gula darah dalam tubuh.

Ada banyak cara untuk mencegah diabetes, salah satunya adalah dengan rutin berolahraga. Menurut para ahli kesehatan, olahraga sederhana dan dalam waktu singkat pun mampu mencegah diabetes mengahampiri Anda. Ilmuwan mengungkapkan berolahraga setidaknya 1 menit per hari sudah cukup untuk mengurangi resiko diabetes.

Para ahli dari Universitas Bath telah mengadakan studi ilmiah berkaitan dengan hal ini dan melibatkan sejumlah partisipan. Mereka diminta untuk melakukan olahraga dengan exercise bikes selama sekitar 1 menit dan dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu.

Setelah 6 minggu, para ilmuwan mulai melakukan penelitian terhadap para partisipan tersebut. Hasilnya, diketahui bahwa fungsi hormon insulin dalam tubuh partisipan meningkat hingga 28%. Selain adanya peningkatan fungsi insulin, olahraga juga bisa menjaga agar kadar gula darah tetap rendah.

“Otot tubuh kita memiliki cadangan gula yang disebut glikogen, dan akan berkurang selama latihan (olahraga). Untuk mengisi kembali, otot mengambil gula dalam darah,” kata Dr.Niels Vollaard saat menjelaskan kenapa olahraga dapat menurunkan kadar gula darah.

Dr.Niels Vollaard juga menambahkan bahwa orang yang tidak aktif dan sering bermalas-malasan, tentu otot tubuhnya juga tidak akan mengambil gula dalam darah. Hal ini menyebabkan kadar gula tidak berkurang, bahkan bisa semakin bertambah sehingga ia terkena diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda