Scroll to Top

Ulang Tahun ke-93 Lola Flores Penari Spanyol di Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 21 Jan 2016

Ulang Tahun ke-93 Lola Flores Penari Spanyol di Google Doodle Hari Ini

Ulang tahun ke-93 Lola Flores dirayakan  di Google Doode hari ini Kamis, 21 Januari 2016. Lola Flores adalah seniman multi talenta dari tanah Spanyol yang diakui keunggulannya bukan cuma sebagai penari, tetapi juga penyanyi dan aktris. Lola Flores adalah ikon budaya tari Gypsy Spanyol.

Google hari ini menampilkan doodle animasi seorang wanita cantik dengan gaun merah yang anggun, di depan latar belakang nan artistik. Dialah La Faraona, Lola Flores yang bernama lengkap Maria de los Dolores Flores Ruiz. Perempuan luar biasa ini lahir di Jerez, Spanyol pada 21 Januari 1923.

Masa kecil Lola Flores diwarnai dengan perjuangan berat. Karena berasal dari keluarga tidak mampu, Lola sudah harus bekerja sejak usia 10 tahun, sebagai penyanyi di bar-bar lokal di Jerez de la Frontera. Itupun hanya demi bayaran sejumlah pesetas. Dari sinilah bakat seni Lola terasah. Ia kemudian bergabung dalam sebuah acara hiburan Mary Paz di usia 15 tahun.

Hijrah ke Madrid untuk semakin memperdalam kemampuan seni, karier Lola Flores terus menanjak. Film pertamanya adalah Martingala, yang berlanjut dengan kerjasamanya dengan Manolo Caracol. Bersama sosok ini, Lola sukses tampil di berbagai pertunjukan rakyat yang sangat digemari tidak hanya di Spanyol, tetapi juga di dunia latin.

Namun akhir riwayat Lola Flores cukup kelam. Di usia 64 tahun, ia terjerat masalah pajak, bahkan sempat dipenjara selama 16 bulan karena hal ini. Pada 16 Mei 1995, Lola meninggal di usia 72 tahun karena kanker payudara. Ketika jenazahnya diantar ke pemakaman, hiruk-pikuk terjadi di Madrid, warga Spanyol seolah tidak rela ditinggal salah satu penari tersukses negeri tersebut sepanjang masa.

Diiringi lagu La Zarzamora, Lola Flores akan selalu dikenang atas kontribusinya di bidang seni bagi dunia latin.

Komentar Anda