Scroll to Top

Hidup “Serba Enak”: Cara Cepat Masukkan Kanker ke Tubuh

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Dec 2011

daging bakar

Tidak ada orang yang mau hidup dengan kanker. Namun, banyak pula yang tidak mau menghiraukan berbagai hal yang dapat menyebabkan kanker pada tubuhnya. Kanker tidak muncul seketika. Dia hidup dari proses panjang sebab kemunculan yang dilakukan secara kontinyu oleh seseorang. Berawal dari sebuah sel abnormal lalu menyebar ke sel yang lain.

Menurut sebuah penelitian oleh Lembaga Penelitian Kanker di Inggris, sekitar 40 persen terjadinya kanker akibat dari kesalahan menyikapi gaya hidup. Banyak orang melakukan kebiasaan tidak sehat yang memicu pertumbuhan sel kanker. Misalnya minum alkohol, merokok, sampai pola makan “serba enak” tanpa memperhatikan serat dan zat gizi lainnya. Bagi wanita, obesitas menjadi salah satu faktor pencetusnya.

Untuk sebab dari rokok, penderita kanker dari pria sebesar 23 persen dan wanita 15,6 persen. Dan, dari 100 ribu kasus yang ada, munculnya kanker terkait merokok, pola makan, alkohol, dan kelebihan berat badan. Kanker tidak melulu berasal dari faktor keturunan. Kebanyakan, justru dari penderitanya sendiri yang “mengundang” kanker masuk ke tubuhnya.

“Melihat bukti-bukti yang ada, jelas bahwa 40% kanker disebabkan oleh faktor-faktor yang sebenarnya bisa kita cegah,” kata Profesor Max Parkin, ketua tim peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda