Scroll to Top

Pulau Thilafushi, Pulau Sampah di Maladewa

By Ilham Choirul / Published on Friday, 09 Dec 2011

thilafusi

Pariwisata juga menimbulkan ekses buruk buat lingkungan. Salah satunya yang terjadi di Maladewa. Di sana, sampah dari berbagai hotel – termasuk hotel mewah – dibuang ke satu wilayah yang kini bentuknya menyerupai sebuah pulau. Pulau buatan itu dinamai Pulau Thilafushi. Oleh masyarakat Maladewa, tempat itu dijuluki Rubbish Island atau Pulau Sampah.

Sebagian sampah ada yang dibakar sehingga memenuhi setiap rongga udara. Bau busuknya cukup menyengat. Pulau yang dibentuk 20 tahun lalu dari terumbu karang itu kapasitasnya sudah maksimal. Dan, laut di sekitarnya pun tidak lagi membiru. Hingga akhirnya, saat ini, Pemerintah Maladewa melarang pembuangan sampah ke tempat ini untuk sementara waktu.

Pemakai terbanyak pulau ini adalah sampah dari hotel mewah. Sampah diangkut menggunakan perahu khusus menuju pulau. Di pulau tersebut, sampah ada yang dibakar dan dipendam. Sementara itu, sampah dari plastik dan logam sebagian didaur ulang. Hanya saja, belakangan banyak pengangkut yang membuang sampah di laguna. Mereka tidak sabar menanti dilakukannya bongkar muatan di darat.

Menurut rilis BBC, Pulau Thilafusi sempat akan dijadikan proyek pembuatan bahan bakar bio. Namun, ide itu tidak juga terwujud. Kandungan racun dari sampah disinyalir juga sudah membahayakan lingkungan dan makhluk hidup disekitarnya. Maka dari itu, kebaradaan pulau ini pun kerap menjadi sasaran kritik pegiat lingkungan hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda