Scroll to Top

FIFA “Mengakui” IPL dan Membuang ISL dari Situs Resminya

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 09 Dec 2011

Entah kebetulan atau tidak, entah benar-benar mendukung IPL atau tidak, FIFA mencantumkan hasil pertandingan dan klasemen Indonesian Premier League (IPL) dalam situs resminya. Dengan kenyataan ini, setidaknya PSSI dapat sedikit bernapas lega karena mendapatkan pengakuan dari badan tertinggi sepakbola dunia itu, apa pun bentuknya.

FIFA

Sebelumnya, hingga beberapa hari lalu, yang dicantumkan di situs FIFA adalah klasemen dan hasil pertandingan ISL musim 2010/2011. Tentu saja yang terpampang di puncak klasemen adalah Persipura yang musim lalu begitu superior di ISL.

Namun, kali ini tidak ada klasemen sementara ISL yang menjadikan Persiwa sebagai pemuncak klasemen. Sebaliknya, yang tercantum adalah klasemen sementara IPL dengan Semen Padang sebagai pemimpin.

Di situs FIFA, juga tercantum jadwal pertandingan dan top skorer IPL. Bahkan, dalam klasemen tersebut, FIFA tidak mencantumkan nama Persija IPL, Persebaya IPL, PSMS IPL, atau Arema IPL. Yang ada hanyalah nama asli mereka: Persija, Persebaya, PSMS, dan Arema.

Selama ini, kubu ISL memang selalu mengklaim, FIFA toh belum mencoret ISL dari situs resmi mereka. Walaupun yang dicantumkan FIFA adalah klasemen dan hasil pertandingan musim lalu, kubu ISL masih kekeh berkata bahwa ini menunjukkan FIFA mendukung mereka.

Sementara, dicantumkannya klasemen IPL langsung mengundang reaksi CEO PT LPIS, Widjajanto . Katanya, “Ini merupakan bukti dukungan riil organisasi sepakbola dunia terhadap anggotanya, yaitu PSSI.”

LPI sendiri, sementara memang beristirahat. Namun, bukan berarti akan berhenti. Seminggu lalu, Liga Prima Indonesia disibukkan dengan pengurusan jadwal setelah beberapa klub keluar dari kompetisi resmi PSSI itu.

Sabtu dan Minggu nanti, akan ada beberapa pertandingan. Salah satunya, PSM Makassar menghadapi Persiba Bantul. Laga ini ditayangkan langsung oleh MNC TV sejak pukul 15.30 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda