Scroll to Top

Hidetsugu Yagi Sang Bapak Antena di Google Doodle Hari Ini

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 28 Jan 2016

Hidetsugu Yagi Sang Bapak Antena di Google Doodle Hari Ini

Hari ulang tahun Hidetsugu Yagi sang ‘bapak antena’ dirayakan di Google doodle hari ini Kamis, 28 Januari 2016. Yagi bersama koleganya, Shintaro Uda adalah dua tokoh penting yang menggagas antena untuk televisi dan radio. Bahkan antena yang umumnya beredar di seluruh dunia pun, diberi nama antena Yagi atau antena Yagi-Uda sebagai penghargaan atas penemuan kedua tokoh ini.

Lahir di Osaka pada 28 Januari 1886, Hidetsugu Yagi mencurahkan hidupnya untuk dunia elektronik. Lulus dari jurusan teknik elektronika di Universitas Imperial Tokyo, Yagi kemudian menambah ilmunya dengan berguru di luar negeri. Inggris, Amerika Serikat, dan Jerman menjadi negara-negara yang dikunjungi Yagi untuk memperdalam pemahamannya. Di Jerman Yagi melakukan penelitian terkait gelombang listrik untuk komunikasi nirkabel.

Memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas seputar komunikasi nirkabel, Hidetsugu Yagi kemudian memahami bahwa gelombang pendek atau gelombang ultra pendek, akan menjadi elemen utama untuk komunikasi, dengan menggunakan gelombang radio.Yagi kemudian menerbitkan berbagai laporan penelitian terkait hal ini yang kelak sangat berguna untuk pengembangan antena ciptaannya.

Antena yang digagas Yagi bersama sang kolega, Shintaro Uda kemudian dipatenkan pada tahun 1926. Antena ini memungkinkan komunikasi terarah dengan gelombang elektromagnetik. Usaha keras keduanya kini dinikmati oleh jutaan rumah. Google pun mengapresiasi karya Yagi dengan animasi doodle yang menarik.

Dalam doodle hari ini, tampak dua orang yang bekerja di sebuah atap rumah, memasang antena dan dalam sekejap, rumah-rumah lain juga melakukan hal serupa. Sebuah animasi singkat namun padat dan tepat untuk menggambarkan pentingnya penemuan Hidetsugu Yagi bagi kehidupan umat manusia.

Komentar Anda