Scroll to Top

Pengguna Aktif Bulanan Gmail Capai 1 Miliar

By Ditya / Published on Tuesday, 02 Feb 2016
Gmail
Gmail

Google baru-baru ini secara resmi telah mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanan Gmail telah mencapai 1 miliar pengguna. Seperti yang kita ketahui, Gmail adalah layanan email gratis besutan raksasa asal Mountain View. Layanan Gmail ini dapai diakses dari pelbagai macam perangkat dan tersedia aplikasi cross-platform.

Pencapaian 1 miliar pengguna aktif bulanan ini disampaikan secara langsung oleh CEO Google, yakni Sundar Pichai. Pencapaian yang cukup signifikan ini diumumkan saat raksasa mesin pencari ini merilis laporan pendapatkan kuartal terakhir 2015 lalu. Ini membuat Gmail menjadi layanan email yang paling banyak digunakan saat ini.

Sebelumnya, Sundar Pichai yang saat itu masih menjabat sebagai Senior VP Google mengumumkan pencapaian 900 juta pengguna aktif bulanan Gmail pada ajang Google I/O Developer Conference yang digelar Mei 2015 lalu. Delapan bulan kemudian, jumlah pengguna aktif bulanan Gmail melompat sgnifikan dan menembus angka 1 miliar.

Kini layanan email gratis Gmail menyusul kayanan Google lainnya yang telah lebih dulu mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan, seperti Google Serach, OS Android, Google Play, Chrome, Google Maps, dan layanan video streaming YouTube. Google yakin bahwa pengguna Gmail akan terus berkebang di masa mendatang.

Sundar Pichai juga mengumumkan bahwa Gmail telah mendapat fitur baru yang disebut dengan Smart Reply. Fitur ini berfungsi untuk memberikan sugesti balasan sesuai dengan email yang diterima oleh pengguna. Fitur ini kabarnya sudah digunakan oleh kurang lebih 10% dari email balasan yang dilakukan melalui aplikasi Gmail mobile, seperti yang dilansir dari GSM Arena (01/02/2016).

Pada saat yang hampir bersamaan, aplikasi WhatsApp yang dimiliki oleh Facebook juga telah mencapai 1 miliar pengguna.

Komentar Anda