Scroll to Top

YouTube Beli Perusahaan Musik RightsFlow

By Oktavianus Arthadiputra / Published on Sunday, 11 Dec 2011

youtube homepageYouTube melebarkan sayap usahanya dengan membeli  satu perusahaan musik di Amerika, RightsFlow. Akuisisi ini dilakukan oleh You Tube pada Jumat (9/12).

RightsFlow merupakan perusahaan yang berbasis di New York, yang mengelola hak musik untuk penulis lagu, artis rekaman, perusahaan rekaman, dan layanan musik online.

“Cara baru untuk mengkonsumsi musik telah muncul. RightsFlow telah berada di garis depan memecahkan masalah yang kompleks mengenai perizinan dan manajemen pembayaran royalty,” ujar manajer produk You Tube, Daud King, dalam postingan blognya.

Menurut King, penggabungan antara perusahaan RightsFlow dan teknologinya dengan platform YouTube diharapkan akan lebih cepat dan efisiensi dalam lisensi musik di YouTube. Artinya, pengguna YouTube dapat menikmati lebih banyak musik. Selain itu, orang-orang yang memiliki bakat untuk memproduksi musik, akan mendapatkan royalti atas jerih payah mereka.

Meski mengabarkan pembelian perusahaan RightsFlow, King tidak menyebutkan rincian transaksi yang dilakukan oleh dua perusahaan itu. King hanya menyebutkan bahwa You Tube yang merupakan bagian dari Google telah menginvestasikan puluhan juta Dollar dalam pengembangan manajemen teknologi konten.

“You Tube akan terus berinvestasi pada perangkat yang memudahkan pemilik hak cipta, untuk mengelola konten mereka secara online,” kata King.

CEO perusahaan RightsFlow, Patrick Sullivan, mengeluarkan pernyataan bahwa YouTube berbagi saham melalui kerjasama dengan perusahaan RightsFlow. Kerjasama ini diharapkan akan mendorong kesadaran, adopsi, dan sukses lisensi untuk audiens yang jauh lebih besar. Sehingga, dapat menguntungkan pengguna, artis, label, penulis lagu, penerbit, dan musik secara global.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda