Scroll to Top

Keputusan Terhadap webOS Telah Ditentukan HP

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 11 Dec 2011

Setelah banyak kabar simpang siur ataupun putusan yang tertunda mengenai nasib dari platform webOS, sistem operasi mobile dari TouchPad, tablet besutan HP yang harus berakhir sebelum dimulai, akhirnya HP memberi jawaban akan nasib webOS yang sempat terkatung-katung karena nasib pengembangannya yang tidak jelas. HP memutuskan akan mengkontribusikan sistem operasi mereka kepada komunitas open source, ini artinya, nasib webOS nanti akan ditentukan oleh jutaan pengembang di seluruh dunia dan kebijakan HP ini akan memberi kesempatan pada pabrikan ponsel lain untuk menggunakan webOS dan memasukkannya ke perangkat buatan mereka sendiri.

HP webOS

Sebelum keputusan ini, banyak kabar mengenai webOS, mulai kabar bahwa webOS akan dijual, sebut saja perusahaan yang tertarik mendapatkannya adalah Amazon, ataupun niat HP yang ingin memisahkan divisi pengembangan webOS sendiri, kesemuanya itu memang merupakan kabar mengenai webOS, sistem operasi beserta tablet yang digadang mampu menyaingi iPad. Alasan HP membuka kode sumber dari webOS adalah, HP percaya pengguna webOS yang ada saat ini dan tentu saja komunitas open source software akan mendapat untung jika platform ini terbuka, maka dari itu HP mengambil keputusan ini.

CEO HP, Meg Whitman menyatakan mengenai keputusan ini:

webOS adalah sistem operasi yang dirancang agar mobile, dengan keputusan untuk memberi kode sumber pada komunitas open source maka akan membuka potensial dari bermacam aplikasi yang baru

Lebih lanjut lagi, kode sumber webOS memang dilisensi dengan lisensi open source namun HP memiliki peran utama untuk pendanaan serta pengembangannya, sedangkan untuk perangkat yang menggunakan webOS masih belum jelas, apakah HP akan memproduksinya sendiri atau tidak. Bagaimana menurut anda, apakah keputusan HP ini tepat? (via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda