Scroll to Top

Pelaku Industri Makin Tertarik Untuk Menggunakan Teknologi Nano

By Joko Utomo / Published on Monday, 12 Dec 2011

Dr. Nurul Taufiqu Rohman ketua Masyarakat Nanoteknologi (MNI) menyatakan bila teknologi nano diyakini akan memunculkan perubahan yang sangat cepat pada bidang industri. Contohnya adalah penggunaaan teknologi nano dalam komputer. Komputer yang beredar sekarang selain lebih ringkas, kapasitas dan kemampuan kerjanya juga makin meningkat.

teknologi nanoMelalui situs berita Antara Dr. Nurul Taufiqu Rohman juga menjelaskan bahwa ilmu nano yang sering dinamakan dengan sebutan nanosains adalah sebuah cabang ilmu yang mendalami sifat dan fenomena suatu material atau obyek dalam ukuran skala nanometer.

Teknologi nano jika diimplementasikan pada pembuatan baja misalnya, maka akan dhasilkan nano baja yang punya struktur lebih halus sebab ukurannya bisa mencapai ukuran puluhan nanometer saja. Kelebihan lainnya adalah baja ini punya kekuatan yang lebih besar dan bisa mencapai umur yang dua kali lipat lebih panjang dari baja biasa.

Selain itu yang lebih menguntungkan adalah, teknologi nanobaja itu tidak rumit. Bahkan tidak membutuhkan alat khusus untuk menciptakannya. Demikian yang dijelaskan oleh doktor ilmu material dan rekayasa produksi lulusan dari sebuah universitas di Jepang, Kagoshima.

Sementara itu pada kesempatan yang lain kepala bagian humas MITI atau Masyarakat Ilmuan dan Teknologi Indonesia Muarif menjelaskan jika MITI mengajak kalangan ilmuan di perguruan tinggi untuk lebih mengenal teknologi nano.

MITI adalah organisasi yang didirikan dengan tujuan untuk melakukan pembinaan pada anggotanya baik secara individu dan lembaga dan masyarakat tentang kajian terhadap aneka bidang yang berhubungan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda