Scroll to Top

SMS Dengan Basis Biaya Segera Diberlakukan

By Joko Utomo / Published on Monday, 12 Dec 2011

Sistem Interkoneksi SMS berbasis biaya dengan perhitungan Rp23/SMS akan segera diberlakukan untuk mengganti sistem SKA atau Sender Keep All. Gatot S. Dewa Broto Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo menyatakan aturan baru ini akan mulai berlaku pada 31 Mei 2012 jam 23:59:59 WIB.

sms sambil mengemudi
Tarif interkoneksi yaitu ongkos yang harus ditanggung satu operator untuk operator lain ketika ada panggilan. Ongkos ini merupakan salah satu faktor bagi operator untuk menentukan biaya komunikasi ketika pengguna berhubungan dengan pengguna lain yang operator telekomunikasinya tidak sama.

Melalui kabar yang dirilis Detikinet, Gatot S. Dewa Broto mengajak para pelaku industri telekomunikasi  untuk segera menyiapkan semua  hal yang berhubungan dengan pemberlakuan ini baik dan sisi teknis dan non teknis. Jangka lima bulan yang disediakan dianggap cukup komprehensif untuk membuat perhitungan komersial dan teknis.

Mulai tahun 2006 lalu pemerintah dalam hal ini Menteri Kominfo mengeluarkan peraturan yang berisi tentang ketetapan dan kebijakan interkoneksi yang berbasi biaya. Peraturan nomor 8 tahun 2006 ini mampu menurunkan secara drastis tarif  telekomunikasi.

Apalagi untuk interkoneksi yang menggunakan sistem perhitungan SKA dimana penyedia konten SMS bisa mendistorsi pasar.  Terlebih lagi jika dipakai untuk urusan tertentu. Ini tentu tidak adil dan bisa membuat persaingan industri menjadi tidak seimbang.

Selain itu Gatot juga menjelaskan jika keputusan ini telah dibicarakan dengan semua pelaku bisnis telekomunikasi ketika ada pembahasan tentang perhitungan kembali ongkos interkoneksi yang berbasis biaya dan rapat kerja dengan BRTI. (Badan regulasi telekomunikasi Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda