Scroll to Top

Mobil Otomatis Mungkin Akan Segera Hadir Untuk Manusia

By Ivan Azzam / Published on Monday, 12 Dec 2011

Masa depan layaknya fiksi ilmiah semakin dekat!  Inilah yang mungkin terlintas saat mendengar mengenai mobil otomatis. Siapa yang tidak tertarik untuk berkendara kemanapun dengan otomatis, apalagi teknologi yang digunakan tentu canggih dan pastinya akan mempengaruhi kehidupan manusia secara keseluruhan.

Jalanan masa depan

Inilah gagasan yang dimunculkan saat konferensi TED (Technology Entertainment and Design). Pembicara dari TED, Sebastian Thrun menjelaskan beberapa fakta mengenai mobil otomatis tersebut, misalkan mobil otomatis diklaim mampu berjalan sejauh 200.000 mil, kemampuan navigasi yang baik di siang atau malam hari, dan jalan-jalan yang memiliki medan yang sulit dilalui (diuji di San Fransisco).

Selain itu, mobil otomatis ini diklaim memiliki teknologi seperti radar, GPS, dan LIDAR (Light Detection And Ranging). Yang paling penting dari mobil otomatis ini adalah, menurut Thrun, efisiensi dari kemampuan komputer dalam mengemudikan mobil, Thrun mengatakan, manusia tidaklah sebaik komputer dalam hal mengemudi, misalnya terjadinya kecelakaan, itu karena faktor manusianya. Dengan mobil otomatis ini, kita cukup duduk tenang di belakang, nikmati perjalanan, dan sampai di rumah dengan aman dan cepat.

Namun hal penting yang patut diperhatikan, jika mobil otomatis ini menjadi umum digunakan, tentunya akan mengubah jenis mobil yang digunakan, undang-undang berkaitan kendaraan, yaitu adanya kewajiban pengemudi memiliki firmware terbaru agar bisa menggunakan mobil otomatisnya, dan perubahan lainnya dalam kebiasaan mengemudi kita. Mari kita berharap semoga mobil otomatis bisa terwujud secepatnya. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda