Scroll to Top

Fenomena Alam Equinox Bikin Masyarakat Cemas

By C Novita / Published on Saturday, 19 Mar 2016

equinox

Kabar akan terjadinya fenomena alam equinox sempat bikin masyarakat cemas. Yang dimaksud dengan equinox adalah posisi dimana matahari berada tepat di atas garis katulistiwa atau di atas Indonesia pas. Isu yang beredar saat ini dan membuat cemas bahwa kala peristiwa alam itu berlangsung maka suhu akan menjadi panas hingga mencapai 40 derajat celcius di daerah katulistiwa.

Menanggapi isu tersebut, Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Philip Mustamu menenangkan. Ia menganjurkan warga untuk tidak cemas saat sedang berlangsung fenomena equinox pada Senin (21/3) nanti.

“Jangan terpengaruh dengan isu yang mengatakan ini berbahaya, jalani kehidupan seperti biasa namun harus menjaga diri agar tidak dehidrasi,” kata dia, Jumat (18/3).

Menurut Philip, equinox setiap tahun sudah terjadi pada tanggal yang sama, dan tak ada yang perlu dicemaskan secara berlebihan.

Perihal isu bahwa suhu akan naik sampai 40 derajat celcius itu tidak benar sebab maksimal suhu di Indonesia dan sekitarnya saat equinox adalah 34 derajat celcius saja.

“Memang pada saat itu akan terasa lebih panas dari biasanya, namun untuk Kepri maksimal hanya 34 derajat celcius,” tambah Philip lagi.

Suhu memang naik dari tahun ke tahun sebesar 1 derajat, dan itu terjadi pada siang maupun malam hari selama beberapa hari. Tak heran sebab posisi matahari yang tepat berada di atas wilayah katulistiwa.

Equinox akan berlangsung dua kali dalam tahun ini, yakni 21 Maret dan 23 September mendatang. Jadi masyarakat tak perlu panik. Cukup menjaga kesehatan dengan banyak minum air, dan tidak berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Komentar Anda