Scroll to Top

Daniele De Rossi: Bek Tengah Baru AS Roma

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 13 Dec 2011

Para pecinta sepakbola pasti tahu apa posisi yang selama ini dilakoni Daniele De Rossi. Gelandang kelahiran Roma, 24 Juli 1983 itu telah dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik di Italia, bahkan di dunia.

Maka tak salah jika banyak yang heran dan ragu melihat De Rossi rela menempati posisi centre back berduet dengan Gabriel Heinze saat AS Roma bermain imbang 1-1 melawan Juventus tadi.

De Rossi memang harus rela melakoni peran barunya tersebut setelah tiga dari empat bek tengah Roma harus absen dalam pertandingan tadi. Nicolas Burdisso dan Simon Kjaer mengalami cedera, serta Juan yang absen karena mendapatkan kartu merah pekan lalu di Firenze.

Dan disinilah De Rossi membuktikan kecintaannya pada klub asal kota kelahirannya tersebut. Meski harus bermain di posisi yang aneh baginya, ia tetap tampil total dalam mengawal lini belakang Il Lupi dan melindungi Maarten Stekelenburg di bawah mistar gawang Roma.

Gol pembuka Roma di menit keenam juga membuktikan pemain berjuluk Il Futuro Capitano tersebut kehilangan naluri menyerangnya. Memanfaatkan crossing Francesco Totti, De Rossi mampu menjebol gawang Gianluigi Buffon untuk membawa Roma unggul 1-0.

“Sangat mengagumkan melihat De Rossi mampu membaca dan mengerti bagaimana menjadi seorang bek tengah. Ia memberikan Roma sebuah kenyamanan di pertandingan tadi,” puji Walter Sabatini, Direktur Olahraga Roma.

De Rossi sendiri mengaku senang dengan performanya tadi. Meski begitu, pemilik nomor 16 di skuad Roma itu enggan untuk dipuji karena satu poin yang didapat adalah hasil kerja keras semua pemain Roma di lapangan.

“Saya sangat terbantu dengan rekan-rekan, khususnya dari Gabriel Heinze yang selalu menolong saya,” ujar De Rossi.

“Tapi yang terpenting adalah melihat tim ini bermain sebagai sebuah tim. Sebelas pemain yang bermain memerankan peran yang penting,” lanjutnya.

Belum diketahui apakah De Rossi kembali akan memerankan posisi anyarnya tersebut pekan depan saat bertandang ke markas Napoli mengingat Juan sudah bisa kembali bermain.

Namun jika melihat permainan lugas yang ditunjukannya tadi, bukan tidak mungkin De Rossi akan kembali berduet dengan Heinze di pos bek tengah. Sementara posisi De Rossi di sektor tengah bisa kembali dipercayakan pada Federico Viviani, pemain berusia 19 tahun yang merupakan kapten tim Primavera Roma, yang juga bermain apik dalam debutnya di Serie-A musim ini.

Melihat kemampuan spesialnya tersebut dan dengan masih buntunya negosiasi perpanjangan kontrak De Rossi yang tersisa enam bulan, dipastikan akan membuat klub-klub peminat pemain yang ikut mengantar Italia juara Piala Dunia 2006 itu semakin ngebet mendapatkan jasa De Rossi.

Namun sepertinya klub peminat De Rossi harus gigit jari terlebih dulu. Meski belum memperpanjang kontrak, De Rossi bertekad untuk bermain di Roma sepanjang kariernya, seperti halnya Il Capitano Totti.

“Hati saya tetap untuk Roma. Dan saya akan mengambil alih ban kapten dari Totti jika ia pensiun kelak,” tutur De Rossi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda