Scroll to Top

Olahraga Turunkan Peluang Obesitas Karena Faktor Genetik

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 13 Dec 2011

kegemukan

Kalau Anda punya orang tua atau kakek nenek yang punya badan gemuk, maka Anda pun bisa jadi menjadi pewaris dari kegemukan itu. Pasalnya, “gen gemuk” ini mampu melewati dari satu generasi ke generasi di bawahnya. Bisa jadi misalnya Anda saat ini gemuk, itu muncul dari penurunan gen gemuk orangtua atau kakek nenek Anda.

Pada studi yang dilakukan oleh para ahli, orang Eropa adalah jawara untuk urusan kegemukan karena gen. Dari seluruh sampel responden 220 ribu orang yang diteliti, keturunan dari orang Eropa punya potensi peningkatan kegemukan sampai 74 persen. Sementara itu, orang Afrika dan keturunannya menempati urutan kedua dengan 76 persen. Dan, orang Asia hanya berkisar antara 20-30 persen yang punya potensi kegemukan.

Kegemukan akibat faktor genetik ini muncul secara alami. Anda tidak bisa mengubahnya dan itu menyatu dalam diri Anda. Hanya saja, Anda bisa mengurangi persentase peningkatan kegemukan dengan jalan berolahraga.

Menurut peneliti tersebut, seperti dikutip Rodale News, olahraga mampu menekan risiko kegemukan akibat gen sampai 30 persen. Anda bisa melakukannya minimal satu jam untuk lima hari latihan selama satu minggu. Kalau Anda memang punya risiko memiliki gen ini, sangat dianjurkan berolahraga aktif. Toh, manfaat kesehatan juga akan Anda rasakan sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda