Scroll to Top

Pengemudi Usia Muda Cenderung Cuek Bertelepon Saat Berkendara

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 13 Dec 2011

sms sambil mengemudi

Sekali pun bahaya menggunakan ponsel sudah dikampanyekan dengan gencarnya, ternyata masih banyak pengendara  kendaraan bermotor mengabaikan peringatan ini. Mereka tidak atau kurang percaya jika ponsel bisa menyebabkan kecelakaan. Pengendara yang cenderung cuek dengan anjuran ini rata-rata berusia di bawah 25 tahun.

Hal ini terlihat dari penelitian yang dilakukan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Penelitian yang bertujuan menjaring informasi tentang penggunaan ponsel sambil berkendara itu, melibatkan 6 ribu responden yang dihubungi via telepon di Amerika Serikat. Dan, seperti dikutip National Geographic, hasilnya cukup mencengangkan.

Ternyata, lebih dari setengah responden menyatakan tidak takut berponsen sambil mengemudi. Mereka tidak yakin memakai ponsel memengaruhi cara berkendara. Inilah rata-rata jawaban dari sekelompok responden di bawah 25 tahun. Anak muda cenderung kurang mawas diri dalam berlalu lintas.

Hasil lain menyebutkan, 45 persen responden lebih suka ponselnya berada di tangan daripada memanfaatkan handsfree. Ketika ada telepon atau sms masuk, ada 66 persen responden lebih memilih mengabaikannya dan melanjutkan mengemudi. Sementara itu, 77 persen responden memilih mengangkat panggilan masuk di ponselnya.

Perlu Anda tahu, saat berkendara sembari bermain ponsel, maka konsentrasi akan teralihkan. Setidaknya ada jeda 2-10 detik yang diperlukan untuk mengutak-atik ponsel. Selama itu pula, Anda akan melupakan urusan jalan raya. Saat Anda lengah tersebut, laju kendaraan bisa membelok dari jalurnya dan membuat kendaraan di luar kendali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda