Scroll to Top

Layanan KB Sekarang Gratis untuk Peserta BPJS

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 02 Apr 2016

Alat Kontrasepsi

Kabar baik bagi pasutri yang ikut menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Menurut aturan baru yang dikeluarkan oleh Presiden RI, kini peserta BPJS bisa mendapatkan layanan pemasangan alat kontrasepsi KB dengan cuma-cuma. Mereka tidak perlu lagi membayar perlengkapan KB seperti sebelum aturan tersebut keluar.

“Pada Peraturan Presiden yang lama, pemasangan kontrasepsi KB tidak ada. Sekarang Peraturan Presiden baru, peserta dapat menikmati pelayanan KB, termasuk tubektomi interval,” kata Bayu Wahyudi, Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, seperti dikutip dari laman Okezone.

Ditambahkan Bayu, kini peserta BPJS Kesehatan juga akan ditanggung  saat melakukan pemeriksaan medis dasar di rumah sakit. Dengan adanya perubahan kebijakan ini diharapkan nantinya dapat memiliki dampak langsung pada kualitas layanan bagi masyarakat.

“Yang selama ini sakit dan susah berobat tetap mendapatkan pelayanan. Termasuk pemeriksaan di UGD,” ujar Bayu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengesahkan aturan baru ini melalui Perpres No. 19 Tahun 2016. Penerapannya sudah dilakukan sejak 1 April 2016 kemarin. Presiden pun juga sudah menandatangani dan menyebarkan kabar baik tersebut pada masyarakat.

Komentar Anda