Scroll to Top

Peneliti MIT Membuat Daun Buatan Yang Menjadi Sumber Tenaga

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 13 Dec 2011

Perkembangan untuk mencari suatu tenaga alternatif terus bergulir dari waktu ke waktu, kali ini, sebuah inovasi datang dari universitas terkenal di AS, MIT (Massachussets Institute Technology). Sekelompok peneliti dari MIT dan SunCatalytix bekerjasama untuk membuat daun buatan yang bisa menghasilkan energi dari fotosintesis layaknya sebuah tanaman.

Sel surya daun buatan

Dengan parameter penelitian hanya air dan cahaya matahari yang bisa digunakan, para peneliti tersebut mencari cara bagaimana membuat katalis yang menghasilkan energi dari kedua bahan (air dan cahaya matahari) tersebut. Hasil yang didapat adalah, sel surya dengan katalis cobalt borate di satu sisi dan katalis campuran nickel-molybdenum-zinc yang melapisi satu sama lain.

Cara kerjanya adalah, saat dimasukkan ke air, kedua sisi sel surya tersebut akan bereaksi saat terkena sinar matahari, lalu memisahkan hidrogen dan oksigen menjadi gelembung-gelembung di air. Proses sel surya dari daun buatan ini meniru proses fotosintesis tapi diklaim 10 kali lebih efisien dari fotosintesis alami. Lalu bagaimana energi didapat? Jawabnya adalah dari gas yang dikumpulkan dan di simpan di sel dalam daun buatan tersebut dan bisa digunakan menjadi sumber tenaga untuk kendaraan dan rumah.

Bagusnya lagi, sebagaimana yang dikatakan pimpinan dari tim peneliti, Daniel G. Nocera, teknologi ini bisa diproduksi dalam jangka waktu empat tahun ke depan. Dia juga mengklaim, daun buatan seukuran pintu rumah bisa menjadi sumber tenaga sebuah rumah untuk 1 hari dan tentunya, sel surya ini dikatakan sangat memadai dan terjangkau untuk negara-negara berkembang. Wah, kalau begitu, sumber tenaga ini bisa potensial untuk digunakan di Indonesia bukan?

Masih bingung dengan prosesnya? Tonton video mengenai daun buatan tersebut dibawah ini:

(via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda