Scroll to Top

Google Hari Ini Rayakan 120 Tahun Ultah Olimpiade Modern Pertama

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 06 Apr 2016

Google Hari Ini Rayakan 120 Tahun Ultah Olimpiade Modern Pertama  1

Google hari ini merayakan 120 tahun ulang tahun Olimpiade modern pertama. Ajang multi olahraga internasional tersebut digelar sejak 6 April hingga 15 April 1986 di Athena, Yunani dengan nama resmi  Games of the I Olympiad. Sejak saat itulah, setiap empat tahun sekali, Olimpiade melibatkan jumlah negara yang semakin besar. Terakhir di Olimpiade 2012 ada 204 negara yang berpartisipasi.

Google doodle hari ini menampilkan karya Olivia Huynh yang sangat unik, yaitu kartun klasik tentang Olimpiade 1896. Dalam sejarahnya, Olimpiade modern pertama tersebut, melibatkan 9 olahraga dan 43 event. Kali ini di halaman utama Google, Huynh menampilkan empat adegan dari olahraga-olahraga tersebut.

Jumlahnya ada empat, yaitu marathon kemudian angkat besi, lempar cakram, dan vault. Untuk melihat kartun klasik karya Huynh ini, Anda tinggal merefresh halaman utama Google saja. Satu yang menarik dari semua olahraga yang digelar di Olimpiade 1896, adalah marathon.

Google Hari Ini Rayakan 120 Tahun Ultah Olimpiade Modern Pertama  3

Google Hari Ini Rayakan 120 Tahun Ultah Olimpiade Modern Pertama  2

Disebut demikian karena marathon untuk pertama kalinya digelar dalam ajang internasional di Olimpiade 1896. Ide marathon ini diambil Michel Breal dari legenda Pheidippides, pahlawan Yunani Kuno. dikisahkan, Pheidippides ini adalah kurir yang membawa surat permintaan bantuan ke Sparta, ketika pasukan Persia brlabuh di Marathon, Yunani. Ia berlari sejauh 240 kilometer dalam dua hari untuk hal tersebut.

Di Olimpiade 1896, tentu jumlah kilometer lomba maraton tidak seekstrem itu. Jarak yang ditempuh adalah 40 kilometer. Pemenang lomba maraton pertama kala itu adalah Spyridon Louis dari Yunani. Ia finish tercepat dalam waktu tiga jam. Spyro menjadi satu-satunya penyumbang emas untuk Yunani di cabang atletik.

Olimpiade 1896 sendiri diikuti oleh 14 negara, dan 241 atlet. Juara umumnya adalah Amerika Serikat yang meraup 11 emas, tujuh perak, dan 2 perunggu. Negara adidaya tersebut disusul oleh tuan rumah Yunani dan Jerman.

Komentar Anda