Scroll to Top

Pantat Membesar Jika Terbiasa Duduk Lama

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Dec 2011

duduk

Beberapa penelitian terkait lamanya seseorang duduk sebagai aktivitas harian, sudah banyak dibahas. Semuanya menunjukkan, duduk terlalu lama itu tidak baik bagi kesehatan. Peringatan pun tertuju pada pekerja yang tiap hari mesti menyelesaikan tugasnya lebih banyak dengan posisi duduk. Ancaman dari kasus ini adalah pelakunya dapat terserang emboli atau pembekuan darah di paru-paru sampai ancaman kematian akibat tidak lancarnya peredaran darah.

Kini, muncul lagi studi soal duduk berlama-lama. Menurut penelitian dari Tel Aviv University, Israel, duduk terlalu lama bisa membesarkan ukuran pantat dan pinggul. Alasannya, lemak lebih mudah terkumpul di area tersebut selama seseorang duduk. Sel-sel preadipocyte, yang menjadi pencetus munculnya sel-sel lemak, diproduksi lebih banyak. Dan, sel lemak ini akan terangsang jumlahnya sewaktu seseorang tidur dan duduk.

Untuk itu, carilah alasan agar Anda tidak selalu duduk lama apalagi tanpa jeda. Sisakan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas sambil berdiri di sela waktu bekerja. Misalnya, setiap dua jam sekali Anda melakukan tugas yang bisa dilakukan sambil berdiri, atau  meregangkan otot sambil jalan-jalan. Penting juga, lakukan olahraga teratur untuk mengimbangi gaya hidup yang yang lebih banyak duduk. Untuk asupan nutrisi, pilih gaya makan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda