Scroll to Top

Kaki Lemah dan Gangguan Penglihatan: Tanda Baru Serangan Stroke

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Dec 2011

Selama ini, orang yang mengalami gejala stroke punya tanda yang khas dari fisiknya. Seperti bicara menjadi cadel, sulit menggerakkan anggota badan, atau kelemahan di wajah. Tanda itu sebagai isyarat seseorang harus dibawa ke rumah sakit secepatnya dan bertemu dengan dokter ahli agar tidak mengalami stroke yang sesungguhnya.

gejala stroke

Jika seseorang sudah sampai pada tahap stroke, maka dua kemungkinan yang terjadi pada pembuluh darahnya. Yaitu, terjadi pembekuan darah atau pecahnya pembuluh darah. Keduanya sama-sama menunjukkan adanya gangguan peredaran darah ke otak akibat adanya hambatan di saluran transportasi darah.

Ciri antara kedua jenis tersebut adalah, stroke yang terjadi tanpa menimbulkan penderitanya pingsan, maka dia mengalami pembekuan di peredaran darahnya (stroke infark). Sedangkan, jika penderita sampai tidak sadarkan diri, maka ada pembuluh darah yang pecah (stroke hemoragik).

Nah, baru-baru ini, ditemukan kembali tanda seseorang akan mengalami stroke. Ini bisa dilihat dari kelemahan pada kaki dan masalah penglihatan. Tanda ini ditemukan oleh ahli di RS  Universitas Leicester NHS.

“Jangan berpikir kita harus mengalami semua gejala itu pada saat bersamaan untuk mengalami stroke. Anda mungkin mengalami stroke hanya dengan salah satu dari lima gejala itu. Namun, lebih mungkin mengalami satu atau dua tanda pada waktu yang sama,” kata Profesor Ross Naylor.

Dari sejumlah 1.300 responden di Leicestershire didapatkan hasil 56 persen mengatakan melemahnya kaki sebagai tanda dari stroke. Sementara itu, 44 persennya mengatakan masalah penglihatan adalah peringatan munculnya stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda