Scroll to Top

Facebook Melarang Anda Bunuh Diri

By Joko Utomo / Published on Wednesday, 14 Dec 2011

facebook bunuh diriAngka bunuh diri di Amerika terus mengalami peningkatan. Surgeon General, komisi layanan kesehatan publik di negara Paman Sam itu melaporkan jika setiap hari terdapat hampir 100 kasus bunuh diri. Untuk tahun kemarin terdapat 8 juta penduduk yang usianya di atas 18 tahun mengakhiri hidupnya sendiri.

Masalah yang tentu tidak bisa dianggap enteng ini telah mendorong Facebook untuk ikut aktif mengambil peran dalam rangka menekan angka bunuh diri yang terus terjadi. Caranya adalah dengan membuka fitur yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berkonsultasi secara online.

Dengan hadirnya fitur yang butuh waktu lama untuk perancangan ini diharapkan orang yang merasa kurang nyaman ketika melakukan konsultasi dengan sambungan telpon akan menemukan ketenangan hati dan akhirnya membatalkan tindakan konyolnya tersebut.

Menurut berita yang dirilis reuters, Frederic Wolen juru bicara facebook menjelaskan jika ketika mengetahui ada seseorang yang menunjukan tanda akan melakukan tindakan bunuh diri, facebooker bisa masuk pada tautan yang menghubungkan dirinya dengan seorang penasihat atau konselor untuk membuat laporan.

Setelah laporan diterima maka Facebook akan mengirim email pada orang tersebut yang berisi petunjuk untuk melakukan konsultasi pribadi bersama wakil dari lembaga yang secara aktif melakukan kampanye pencegahan bunuh diri, National Sucide Prevention Lifeline.

Sistem yang digunakan untuk layanan konsultasi ini bersifat anonim sehingga orang yang sedang melakukan konsultasi tidak mengetahui siapa yang memberitahu pihak facebook jika dia akan melakukan tindakan bunuh diri.

Untuk sementara layanan ini hanya tersedia bagi pengguna facebook di Amerika dan Canada. Semoga tidak lama lagi negara lain segera menyusul, termasuk Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda